Kenali 7 Tanda Transmisi Mobil Matic Bermasalah dan Cara Mengatasinya

Mobilkeren.id – Praktis, mudah, dan cepat, itulah kelebihan mobil matic yang tidak dimiliki oleh mobil manual. Maka tidak heran kalau penjualan mobil matic terus mengalami peningkatan. Namun sayang, kemudahan mengoperasikan mobil matic ternyata sering menimbulkan masalah, terutama pada bagian transmisinya.

Sebelum masalah terjadi, biasanya mobil matic menunjukkan tanda atau gejala kerusakan yang signifikan. Sehingga para pengguna dapat mengetahui kerusakan tersebut dengan cepat.

Berikut tanda ataupun gejala kerusakan transmisi pada mobil matic.

  1. Bunyi Hentakan Saat Perpindahan Gigi

Sistem perpindahan gigi pada mobil matic lambat laun semakin bagus. Jika kamu sering merasakan perpindahan gigi yang sedikit kasar, hal ini masih wajar. Penyebabnya mungkin karena mobil belum disrvis atau lain sebagainya.

Namun, jika kamu mendengar bunyi hentakan yang kuat saat berpindah gigi, kamu perlu lebih waspada ya. Kemungkinan besar transmisi mobil maticmu sedang tidak baik. Untuk memastikan benar atau tidaknya, gunakan soket OBD yang terdapat pada engine scanner.

  1. Tarikan Tersendat

Masalah seperti getaran dan hentakan saat penarikan pedal gas dapat menimbulkan dua masalah. Pertama,  adanya kerusakan pada transmisi mobil matic. Kedua, adanya kebocoran pada oli mesin akibat kurangnya perawatan pada oli mobil

  1. Sulit Mengatur Gigi Mundur

Tanda selanjutnya adalah sulit untuk mengatur gigi mundur. Hal ini dapat disebabkan karena adanya kerusakan yang terjadi pada transmisi mobil matic. Akibatnya tuas atau pedal untuk penginjakan gigi mundur sulit untuk digunakan.

  1. Kurang Gesit di Jalan yang Menanjak

Transmisi yang rusak biasanya tidak kuat jika dibawa melewati jalan yang menanjak. Jika hal ini terjadi pada mobil matic milikmu, kamu perlu lebih berhati-hati. Bayangkan saja jika mobil kurang gesit di tanjakan, bisa-bisa mobil malah bergerak mundur bukan maju. Apa yang terjadi selanjutnya? Kamu sudah tahu jawabannya.

  1. Sering Tersangkut

Mobil yang transmisinya rusak akan terasa seperti tersangkut. Hal ini dibuktikan dengan sulitnya untuk memindahkan gigi. Jika gigi sudah berada di posisi paling tinggi, gigi akan sulit untuk diturunkan.

Kerusakan seperti ini tidak terjadi secara langsung pada transmisi mobil matik. Melainkan, terjadi pada bagian sensor TCM nya. Ketika sensor tersebut rusak, maka TCM tidak dapat mengirimkan perintah dengan benar. Karena semua perintah yang dikirimkan bersifat netral.

  1. Kebocoran pada Transmisi

Cairan yang ada pada transmisi berguna untuk pertukaran gear. Apabila transmisi bocor, secara tidak langsung cairan tersebut akan bertumpahan sehingga proses pertukaran gear pun tidak dapat dilakukan. Jika dibiarkan berlarut-larut, kebocoran ini dapat menimbulkan bahaya yang cukup serius bagi pengendara mobil matic. Jadi, harus segera diperbaiki ya.

  1. Boros Bahan Bakar

Salah satu kelemahan mobil matic yaitu boros bahan bakar. Hal ini disebabkan karena torsi pada mobil matic tidak dapat bekerja secara maksimal ke bagian roda. Sehingga putaran mesin harus bekerja lebih tinggi. Akhirnya pemborosan bahan bakar pun terjadi.

transmisi mobil matic

Cara Mengatasi Transmisi Mobil yang Bermasalah

Transmisi mobil matic bermasalah jelas membuat pemilik mobil khawatir. Jika dibiarkan terus-menerus, kejadian serius bisa saja menimpa si pemilik mobil. Agar berkendara tetap aman dan nyaman, silahkan perbaiki transmisi mobil matic secepat mungkin.

Jika kamu tidak punya waktu untuk membawa mobil matic kesayangan ke bengkel, kamu bisa memperbaiki transmisinya sendiri. Caranya dengan:

  • Reset bagian yang terdapat pada ECU. Jika kamu sudah mereset ECU dan tidak ada hasilnya, coba bersihkan body valve
  • Ganti oli mesin mobil lama dengan oli mesin baru. Untuk hasil terbaik, gunakan oli yang sesuai dengan oli bawaan mobil
  • Jika dua langkah di atas tidak berhasil dan transmisi mobil masih tetap bermasalah, coba kuras oli transmisi mobil matic. Kuras sampai bersih hingga semua kotoran yang lengket dapat terangkat secara maksimal
  • Cek kebersihan transmisi mobil. Kemudian, nyalakan mobil matic kesayanganmu

Itu dia tanda transmisi mobil matic bermasalah dan cara mengatasinya. Jika salah satu dari tujuh tanda tersebut terjadi secara tiba-tiba, dapat disimpulkan kalau transmisi mobil matic mengalami kerusakan. Segera perbaiki dan lakukan perawatan secara rutin agar transmisi mobil matic lebih awet dan tahan lama.

Artikel ini membahas:

  • cara mengatasi terjadinya hentakan pada mobil matic

Leave a Reply