8 Tips Persiapan Mudik Lebaran Menggunakan Mobil Bersama Keluarga

Mobilkeren.id – Istilah mudik selalu identik dengan perayaan besar umat Muslim yaitu lebaran. Saat musim mudik tiba, jalan raya selalu dipadati oleh kendaraan, khususnya kendaraan roda empat. Mudik dengan kendaraan roda empat (mobil) memang lebih efektif karena dapat memuat banyak penumpang. Selain itu, suasana di perjalanan pun lebih santai karena pengendara dan penumpang dapat dengan leluasa menentukan kapan harus berhenti dan kapan melaju kembali.

tips-mudik-lebaran-menggunakan-mobil

Menjaga mobil agar selalu dalam kondisi prima itu sangat penting supaya perjalanan mudik lancar sampai ke tempat tujuan. Berikut tips mudik lebaran menggunakan mobil yang harus diperhatikan.

  1. Memeriksa Kondisi Kendaraan

Kondisi kendaraan yang baik akan membuat perjalanan mudik menjadi lancar, Anda dan keluarga pun bisa sampai ke tempat tujuan dengan selamat. Untuk itu, periksalah kondisi kendaraan sebelum dibawa mudik nanti. Mulai dari kondisi mesin, oli, AC, sampai roda. Kalau semua sudah aman, mobil pun siap dibawa mudik.

  1. Memperhitungkan Berat Barang Bawaan

Barang bawaan juga menjadi hal yang harus diperhitungkan saat mudik. Bawalah barang yang dibutuhkan saja agar kondisi garasi lebih lapang. Selain itu, bobot yang ditanggung mobil pun menjadi berkurang, sehingga kinerja mobil tidak terlalu berat.

  1. Perhatikan Kapasitas Penumpang

Jumlah penumpang yang diangkut harus sesuai dengan jenis mobil. Kalau mobil yang digunakan adalah tipe MPV, kapasitas maksimalnya 8 orang. Kalau mobilnya tipe LGCC atau mini SUV, kapasitas maksimalnya 5 orang. Apabila kapasitas penumpang melebihi batas normal, kinerja mesinnya pun semakin berat. Hal ini tentu berbahaya bagi keselamatan pengemudi dan penumpang selama di perjalanan.

  1. Bawa Bekal yang Cukup

Saat musim mudik tiba, kondisi jalanan sangat tidak bersahabat. Macet ada dimana-mana. Parahnya, mobil bisa diam di tempat selama berjam-jam. Hal ini tentu membuat Anda stres atau bahkan lapar. Nah, untuk menghilangkan stres dan lapar, bawalah persediaan makanan yang cukup. Karena mustahil untuk mampir ke warung terdekat saat kondisi jalanan sedang macet.

  1. Bawa Mainan Anak

Membawa anak-anak saat mudik menjadi tantangan tersendiri bagi Anda. Soalnya, anak-anak tidak suka terlalu lama di perjalanan. Belum lagi ditambah kondisi cuaca yang tidak bersahabat. Agar anak tidak bosan dan rewel selama di perjalanan, bawalah mainan anak-anak Anda. Ketika si anak bosan, setidaknya ada sesuatu yang bisa menghilangkan rasa bosannya.

  1. Persiapkan MP3 atau Media Liburan

Bukan hanya anak-anak saja yang bisa merasa bosan, tapi orang dewasa juga. Untuk menghilangkan bosan, sediakan lah media hiburan, seperti musik atau MP3. Persiapkan list lagu-lagufavorit Anda dan putarlah musik selama di perjalanan agar Anda lebih rileks meskipun kondisi jalanan super macet.

  1. Gunakan Bantuan Maps

Maps sangat penting saat perjalanan mudik. Dengan bantuan maps, Anda bisa menemukan jalan alternatif untuk menghindari kemacetan. Aktifkan fitur maps yang ada di smartphoneuntuk membantu Anda menemukan jalan lain. Persiapkan pula powerbankkarena aplikasi maps yang menyala menyedot banyak baterai. Pastikan pula koneksi internet Anda stabil agar maps bisa berfungsi secara optimal.

  1. Beristirahat lah Kalau Kelelahan

Perjalanan yang cukup jauh membuat tubuh merasa lelah, belum lagi ditambah macet yang parah. Untuk itu, beristirahat lah ketika Anda mulai kelelahan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama di perjalanan nanti. Kalau salah satu penumpang di mobil pandai menyetir, Anda bisa bergantian dengannya. Sehingga perjalanan bisa dilanjutkan tanpa harus mencari tempat perhentian, sementara Anda bisa beristirahat sejenak untuk memulihkan tenaga sebelum akhirnya menyetir lagi.

Baca Juga : 10 Mobil Keluarga Dengan Harga di Bawah Rp 200 Juta

Padatnya arus lalu lintas saat mudik memicu terjadinya kecelakaan. Oleh karena itu, utamakan keselamatan saat mengemudi. Hindarilah menyetir dengan kecepatan tinggi karena ini dapat membahayakan nyawa Anda, penumpang di dalam mobil, dan nyawa orang lain. Semoga dengan tips mudik lebaran menggunakan mobil di atas, perjalanan mudik Anda selalu lancar.

Leave a Reply