6 Tips Merawat Mobil Agar Biaya Servis Bulanan Lebih Hemat

Mobilkeren.id – Berkendara dengan mobil pribadi sangat menyenangkan bila dibandingkan dengan sepeda motor. Hal ini wajar karena mobil bisa melindungi penumpangnya dari panas matahari dan polusi udara. Selain itu, fasilitas yang ada pada mobil juga sangat memanjakan pemilknya, sehingga berkendara terasa lebih nyaman dan aman.

Agar performa mobil tetap on the go, pemilik mobil perlu melakukan servis rutin yang menghabiskan biaya yang lumayan besar. Apalagi kalau kerusakan pada mobil tersebut cukup parah. Adakah cara merawat mobil supaya biaya servis bulanan lebih murah? Tentu ada! Simak cara merawat mobil berikut ini.

Tips Merawat Mobil hemat biaya service

  1. Menggunakan Suku Cadang Asli

Harga suku cadang asli untuk mobil memang mahal. Tapi, suku cadang asli sangat mempengaruhi kinerja dari mobil Anda. Selain itu, suku cadang asli juga memiliki kualitas yang bagus kalau dibandingkan dengan suku cadang abal-abal. Jadi, tidak heran kalau suku cadang asli lebih awet dan tahan lama.

Anda bisa mendapatkan suku cadang asli di bengkel resmi atau dealer dari merk kendaraan. Anda juga bisa membelinya di bengkel-bengkel ternama yang menjual spareparts mobil.

  1. Menggunakan Oli yang Berkualitas

Keberadaan oli memang sangat penting, fungsinya untuk melumasi kendaraan, khususnya bagian mesin. Selain sebagai pelumas, oli juga berfungsi sebagai pendingin sekaligus pelindung suku cadang dari karat. Sehingga umur suku cadang atau spareparts lebih awet dan tahan lama.

Apabila jarak tempuh kendaraan sudah mencapai 5.000 km – 10.000 km, itu artinya Anda harus mengganti oli tersebut dengan oli yang baru. Sehingga semua mesin dan komponen-komponen pada mobil terhindar dari kerusakan.

  1. Pakai Bahan Bakar yang Sesuai

Bahan bakar yang digunakan pada mobil berbeda-beda, tergantung merk dan tipe mobil itu sendiri. Ada mobil yang bahan bakarnya berupa pertalite, solar, pertamax, atau premium. Selaku pemilik kendaraan, Anda tidak boleh pelit pada mobil sendiri. Hindari pemakaian bahan bakar yang tidak sesuai dengan bahan bakar bawaan mobil Anda.

Baca Juga : Premium, Pertalite dan Pertamax, Mana yang Lebih Bagus?

Apabila bahan bakar bawaannya pertamax, pakailah pertamax. Begitu juga dengan bahan bakar lainnya. Intinya, jangan sampai menurunkan kualitas dari bahan bakar. Misalnya, pertamax ke pertalite. Kalau ingin menaikkan kualitas bahan bakarbaru diperbolehkan. Misalnya, dari premium dipindah ke pertamax.

Dengan pemakaian bahan bakar yang sesuai, maka mesin mobil juga semakin awet. Anda juga dapat menghemat biaya servis karena tidak ada komponen yang membutuhkan penggantian spareparts.

  1. Mengecek Kondisi Angin

Ban kempes sering diabaikan oleh pemilik mobil. Padahal, ban kempes secara tidak langsung akan mempengaruhi biaya yang akan dikeluarkan saat servis. Apabila ban kempes dibiarkan, besar kemungkinan ban tersebut akan pecah di tengah perjalanan. Kalau sudah pecah begini, mau tidak mau Anda harus mengganti ban mobil.

Seperti yang kita tahu, harga ban mobil sangatlah mahal. Oleh sebab itu, jangan sepelekan hal-hal kecil yang terjadi pada mobil ya! Karena hal kecil bisa menimbulkan kerugian besar kalau tidak segera diperbaiki.

  1. Merawat Ban Mobil Supaya Awet

Sama seperti mesin, ban juga menjadi komponen penting yang berfungsi untuk menggerakkan mobil. Ban yang kempes atau ompong akan sangat mempengaruhi keselamatan Anda saat berkendara. Harga ban juga sangat mahal. Daripada uang habis untuk gonta-ganti ban, lebih baik rawat ban mobil secara rutin supaya lebih awet dan tahan lama. Baca Juga : 4 Tips Memilih Ban Mobil yang Baik.

  1. Mengecek Kondisi Kendaraan Secara Rutin

Kendaraan memiliki ketahanan yang terbatas. Bila tidak sering diservis, maka daya tahannya pun jadi menurun. Kalau jadwal servis sudah tiba, bawalah kendaraan Anda ke bengkel agar mesin-mesin dan komponen lainnya dimanjakan dengan berbagai perawatan yang diberi oleh tenaga mekanis. Dengan servis rutin, kerusakan-kerusakan yang ada pada mobil juga dapat segera dideteksi supaya kerusakan tersebut tidak bertambah parah.

Itu dia cara merawat mobil supaya biaya servis bulanan lebih murah. Dengan demikian, Anda tidak perlu pusing memikirkan biaya servis karena biayanya sama sekali tidak akan menguras isi dompet sampai habis.

Leave a Reply