9 Tips Mengendarai Mobil Saat Musim Hujan dan Banjir

Mobilkeren.id – Hujan deras memang sangat mengganggu, apalagi jika air genangannya sangat tinggi. Selain menyebabkan mobil mogok di tengah jalan, hujan deras juga menjadi penyebabutama tingginya angka kecelakaan di Indonesia karena banyak pengendara yang mengabaikan fungsi rambu lalu lintas.

Sebagai pengendara yang cerdas, Anda harus mampu mensiasati masalah banjir ini dengan baik agar kejadian yang tidak diinginkan dapat dielakkan. Berikut 9 tips mengedarai mobil saat musim hujan sudah tiba:

  1. Pastikan Ban Mobil dalam Keadaan Bagus

Selain mesin, ban juga menjadi komponen paling penting agar mobil dapat melaju. Perhatikan kondisi ban mobil Anda sebelum bepergian, apakah dalam keadaan baik atau tidak. Coba cek kondisi angin dan gerigi dari ban mobil untuk menghindari mobil tergelincir akibat hujan yang terlalu deras.

Apabila ban mobil tidak dalam kondisi yang prima, sebaiknya gunakan alat transportasi lain jika Anda ingin bepergian. Misalnya, taksi atau ojek online. Yang pasti Anda aman sampai ke tempat tujuan tanpa terkena guyuran hujan deras.

  1. Periksa Karet Wiper

Kualitas dari karet wiper dapat berkurang saat musim kemarau yang berkepanjangan. Hal ini disebabkan karena paparan sinar matahari yang terlalu tinggi masuk ke dalam karet. Jika ternyata karet wiper sudah tidak bagus lagi, gantilah dengan karet wiper yang baru agar Anda dapat berkendara dengan aman dan nyaman, khususnya pada perjalanan yang cukup jauh.

  1. Kurangi Kecepatan Saat Berkendara

Tips selanjutnya adalah mengurangi kecepatan saat berkendara. Penting bagi Anda untuk memperhatikan angka rpm untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Coba bayangkan jika Anda berkendara dengan kecepatan tinggi saat air menggenang di tengah jalan? Bukan hanya mengundang terjadinya kecelakaan, bahkan mobil Anda sendiri pun dapat mogok di tengah jalan. Mengurangi kecepatan juga dipercaya mampu mencegah terjadinya ban slip atau terbalik.

  1. Jaga Jarak dengan Kendaraan Lain

Kondisi jalan yang basah membuat Anda juga harus menjaga jarak dengan kendaraan lain. Adapun jarak terbaik yaitu berkisar 1 – 1,5 meter dari kendaraan pribadi milikmu. Meskipun jaraknya sudah jauh, Anda tetap harus berhati-hati ya supaya monil milikmu tetap aman saat ada kendaraan lain yang tiba-tiba ingin mundur.

  1. Hati-Hati Menerobos Genangan Air

Menerobos genangan air di kala musim hujan sebenarnya tidak disarankan karena hal ini memicu rusaknya mesin kendaraan dan komponen lain. Tapi, kalau terpaksa, ya sah-sah saja. Tetap harus berhati-hati dan perhatikan kondisi jalanan. Jangan sampai hanya karena ingin menerobos genangan air, mobil Anda jadi masuk lubang.

  1. Gunakan Sepatu yang Tidak Licin

Menjamin mobil dalam keadaan prima saja tidak cukup tanpa mengecek kondisi diri Anda sendiri saat berkendara. Saat musim hujan tiba, gunakanlah alas kaki atau sepatu yang tidak licin agar penginjakan pedal mobil tepat sasaran. Sehingga berkendara jadi lebih aman dan nyaman meskipun hujan deras.

  1. Berhenti Jika Hujan Terlalu Lebat

Apabila karet wiper tidak dapat berfungsi secara maksimal dan Anda merasa jarak pandang dengan kendaraan lain semakin pendek, sebaiknya berhenti sejenak. Lebih baik parkirkan mobil Anda di tempat yang aman, menunggu hingga hujan reda. Memang, tips yang satu ini membuat perjalanan Anda tertunda, estimasi waktu untuk sampai ke tempat tujuan juga semakin lama, tetapi sangat bagus supaya Anda dapat sampai dengan aman.

  1. Nyalakan Lampu Utama

Menghidupkan lampu utama saat hujan deras mungkin sering diabaikan karena fungsinya seringkali dianggap kurang penting. Padahal lampu utama sangat berguna sebagai penerang pada kondisi cuaca yang tidak mendukung. Selain itu, lampu ini juga berguna untuk meningkatkan kewaspadaan antara kendaraan milikmu dengan kendaraan lain di sekitar. Sehingga terhindari dari tabrakan atau kejadian lain yang tidak diinginkan.

  1. Mengecek Aki Mobil

Satu komponen yang tidak boleh dilupakan ialah aki mobil. Di musim hujan, tekanan yang dialirkan oleh aki mobil cukup besar karena harus berbagi ke banyak komponen mobil. Seperti lampu, wiper, radio, atau bahkan ac mobil. Agar berkendara tetap aman hingga ke tempat tujuan, penting bagi Anda untuk selalu mengecek kondisi aki mobil. Pastikan aki mobil dalam keadaan baik-baik saja. Apabila terdapat kerusakan kecil, segera perbaiki untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Mobil Mogok dengan Cepat

Hujan deras bukan lagi menjadi suatu hal yang membatmu khawatir untuk berkendara. Anda tetap bisa berkendara dengan aman kok, asalkan memperhatikan 9 poin di atas.

Leave a Reply