10 Tips Memilih Mobil Bekas Berkualitas Bagi Pemula

Mobilkeren.id – Mobil merupakan salah satu alat transportasi yang penting, terutama bagi seseorang yang telah bekerja. Memiliki mobil sebagai kendaraan pribadi merupakan idaman bagi sebagian besar masyarakat, apalagi karyawan baru. Namun tak mesti semua orang dapat dengan mudah untuk mewujudkan keinginannya memiliki mobil, misalnya saja karena keterbatasan secara finansial. Solusi yang dapat dilakukan untuk masalah ini adalah dengan membeli mobil bekas

Sebelum membeli mobil bekas, ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan agar terhindar dari penipuan. Masalahnya dari sekian banyak penjual mobil bekas, tidak semuanya dapat dipercaya. Tentu hal ini karena mereka hanya menginginkan keuntungan tanpa mempedulikan nasib pembeli. Saat ini banyak ditemukan mobil-mobil bekas hasil curian yang dijual secara bebas. Hal inilah yang perlu Anda waspadai agar tidak merugi ratusan juta. Agar Anda tidak salah dalam membeli mobil, sebaiknya perhatikan ulasan mengenai tips memilih mobil bekas berikut ini.

Tips Memilih Mobil Bekas Berkualitas

Tips Memilih Mobil Bekas Berkualitas

Doc : Fotografi Medan

1# Cari Informasi Secara Detail

Sebelum membeli sebuah mobil, Anda perlu membekali diri dengan pengetahuan seputar permobilan. Pengetahuan ini penting agar Anda mengetahui seluk beluk mobil yang akan Anda beli nantinya. Informasi seputar permobilan dapat Anda dapatkan baik secara online maupun offline. Saat ini banyak sekali situs jual beli mobil yang menyediakan informasi mengenai harga jual, tahun keluar, dan spesifikasi mobil bekas.

Manfaatkan informasi tersebut sebagai modal untuk memilih mobil bekas. Selain itu, informasi seputar permobilan, dapat Anda peroleh melalui majalah otomotif yang saat ini banyak diterbitkan. Bila perlu Anda dapat mengobrol santai dengan teman yang paham betul seluk beluk mobil.

2# Waspadai Mobil Harga Murah

Mobil bekas dengan harga murah namun berkualitas terkadang sulit untuk didapatkan. Harga mobil bekas yang murah tentu sangat menggiurkan bagi para pencari mobil bekas. Namun Anda sebaiknya hati-hati dengan penawaran ini karena iklan-iklan penawaran tersebut bias saja mengecewakan. Biasanya setelah musibah banjir banyak orang menjual mobil bekas.

Meskipun kenampakan luar terlihat bagus, namun mobil bekas rendaman banjir sangat rentan bermasalah. Komponen mobil yang terdiri dari komponen elektik setelah terendam banjir sangat mudah mengalami konsleting. Sebaiknya Anda membeli mobil bekas dengan harga yang wajar dan tentu saja sebelum membeli harus melakukan pemeriksaan secara detail terkait komponen-komponen mobil bekas, baik dari eksterior maupun interiornya.

3# Beli di Tempat Terpercaya

Tempat pembelian mobil bekas adalah hal penting namun seringkali disepelekan oleh sebagian besar orang. Sebaiknya belilah mobil pada orang pertama, yaitu pemilik mobil secara langsung. Membeli mobil pada pemilik asli akan memberikan keuntungan, yaitu harga murah dan lebih terpercaya daripada membeli di makelar, dealer ataupun showroom.

Selain itu, informasi detail tentang mobil akan mudah Anda dapatkan dari pemilik mobil, harga yang Anda dapatkan pun akan lebih murah karena transaksi jual beli tidak dibebani dengan sistem bagi hasil dengan pihak ketiga. Apabila Anda tidak membeli mobil kepada pihak pertama, maka sebaiknya hindari tempat jual mobil bekas yang illegal.

Percayakan pada tempat jual beli resmi yang akan mempertahankan brand atau nama baiknya dari komplain pembeli. Keuntungan membeli mobil bekas di tempat jual beli resmi dan terpercaya adalah adanya jaminan yang diberikan oleh pihak penjual apabila mobil yang Anda bawa pulang ternyata memiliki cacat.

4# Lakukan Survey Sebelum Membeli

Tips memilih mobil bekas selanjutnya adalah melakukan survey sebelum melakukan pembelian mobil bekas. Dengan bekal pengetahuan yang telah Anda dapatkan dari majalah otomotif atau pun dari situs jual beli mobil bekas, Anda dapat melanjutkan langkah selanjutnya dengan melakukan survey pendahuluan di tempat jual beli mobil bekas. Akan lebih baik ketika Anda melakukan survey dengan mengajak teman yang paham seluk beluk mobil bekas.

Survey pendahuluan ini dapat Anda lakukan beberapa kali agar Anda mantap membeli mobil bekas tersebut. Hal ini dilakukan karena pembelian yang tergesa-gesa hanya karena mudah tergoda dengan iming-iming penjual, seringkali membuat calon pembeli kecewa.

Selain itu tips lain agar Anda tidak tergesa-gesa dalam membeli mobil adalah dengan membawa uang secukupnya saja. Dengan demikian, Anda akan berpikir dua kali sebelum melakukan pembelian mobil.

5# Periksa Kondisi Bodi

Pemeriksaan fisik saat membeli mobil bekas sangatlah penting dilakukan. Hal ini bertujuan untuk menghindari ditemukannya kecacatan mobil yang sebelumnya tidak Anda ketahui. Pertama, pastikanlah kondisi komponen-komponen mobil bekas dalam keadaan baik. Pemeriksaan ini penting untuk mengetahui apakah ada bagian-bagian mobil yang sudah diganti.

Apabila Anda memiliki keterbatasan pengetahuan mengenai komponen-komponen mobil yang akan Anda beli sebaiknya cari tahu terlebih dahulu dari Google. Setelah itu bandingkan pengetahuan yang Anda dapatkan dengan kondisi mobil bekas yang sedang Anda lihat.

Tanyakan langsung kepada pihak penjual apabila terdapat komponen-komponen mobil yang tidak sesuai dengan yang seharusnya. Mungkin saja mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan sehingga ada bagian-bagian tertentu yang diganti. Bila demikian, tentu harga yang ditawarkan harus sesuai dengan kondisi mobil.

6# Cari Tahu Sejarah Mobil

Tips memilih mobil bekas yang berkualitas selanjutnya adalah pengetahuan tentang sejarah mobil. Ketika Anda membeli mobil bekas, sebaiknya tanyakan secara detail kepada pihak penjual mobil bekas mengenai seluk beluk mobil.

Pertanyaan yang dapat ajukan antara lain kapan waktu pembelian mobil sehingga dapat diketahui umur pakai mobil, lalu seberapa sering mobil digunakan, berapa jarak tempuh mobil, biasanya siapa saja yang menumpangi mobil, pernahkah mobil mengalami kecelakaan, dan seberapa sering penjual melakukan service mobil.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan leluasa Anda ajukan jika membeli langsung kepada pemilik mobil asli. Informasi ini terkesan berlebihan, namun penting Anda tahu karena mobil yang akan Anda beli bukan mobil baru melainkan mobil bekas.

7# Periksa Mesin Mobil

Mesin mobil merupakan komponen terpenting dalam mobil. Kondisi mesin mobil bekas yang baik akan menjamin kualitas mobil yang Anda beli. Kemampuan teknikal sangat dibutuhkan ketika melakukan pengecekan mesin sehingga Anda sebaiknya membawa ahli mesin saat melakukan pengecekan mobil.

Hal mendasar yang sebaiknya Anda tahu adalah ketika mobil bekas yang dijual merupakan mobil bekas rendaman banjir, suara mesin mobil tersebut akan terdengar lebih keras dari suara mobil normal.

8# Periksa Interior Mobil

Setelah pengecekan bagian luar dan mesin mobil, selanjutnya adalah mengecek bagian dalam mobil. Pemeriksaan bagian dalam mobil ini meliputi pemeriksaan kondisi jok mobil, fungsi AC dan odometer, kondisi lampu, serta perlengkapan lain seperti radio, CD, TV dan sensor atau kamera parkir apabila ada.

Sebagai pengetahuan bagi Anda saat memeriksa odometer, rata-rata jarak tempuh mobil dalam keadaan normal adalah 16.000 sampai 24.000 kilometer dalam waktu satu tahun.

9# Uji Coba Test Drive

Setelah yakin akan kondisi fisik mobil dan mesinnya, Anda dapat langsung melakukan test drive atau mencoba mengendarai mobil tersebut. Uji test drive ini akan menentukan apakah mobil tersebut nyaman atau tidak untuk dikendarai. Uji test drive juga dilakukan untuk mengecek fungsi rem mobil.

Pada kecepatan 50 km/jam, pedal rem seharusnya tidak mengalami getaran atau pun berbunyi mendecit. Apabila hal ini terjadi, Anda dapat menanyakan kepada penjual mobil. Lalu mintalah perbaikan rem atau negosiasi harga untuk service rem tersebut.

10# Kelengkapan Surat Mobil

Inilah tips memilih mobil bekas yang juga penting yaitu pemeriksaan kelengkapan surat-surat mobil. Hal ini untuk menghindari penipuan saat Anda membeli mobil bekas. Periksa kelengkapan STNK, BPKB dan surat-surat penting lainnya.

Laporkanlah ke pihak yang berwenang apabila terdapat kecurigaan. Selain itu hal lain yang perlu Anda periksa adalah kelengkapan perkakas mobil atau tool kit seperti obeng dan kunci.

Demikianlah tips memilih mobil bekas berkualitas semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari kendaraan roda empat. Semoga beruntung !

Leave a Reply