6 Tips Memarkirkan Mobil yang Baik dan Benar

Mobilkeren.id – Satu hal yang ‘mungkin’ sering diabaikan oleh pengguna mobil adalah cara parkir yang baik dan benar. Ada saatnya, pengendara mobil malah membiarkan mobilnya diparkir secara asal-asalan karena kondisi parkiran yang padat dan ramai. Padahal, parkir asal-asalan sangat berbahaya bagi keselamatan mobil itu sendiri.

Meskipun cara memarkir mobil terlihat mudah, tapi pengendara mobil butuh ketelitian ekstra agar mobil yang diparkirkan secara aman dan tidak membahayakan mobil itu sendiri. Berikut beberapa tips memarkirkan mobil yang baik dan benar:

Tips Memarkirkan Mobil

  1. Cari Area Parkir yang Mudah Dijangkau

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mencari tempat parkir yang mudah dijangkau. Bila tempat parkir terjangkau, Anda pun akan lebih mudah mencari mobil yang diparkirkan saat semua urusan sudah selesai. Ini artinya, Anda dapat menghemat waktu di tempat parkiran lantaran tidak perlu keliling kesana-kemari untuk mencari mobil.

Apabila area parkir yang terjangkau sudah diisi mobil lain, cari area parkir yang lain. Yang pasti, Anda tahu betul dimana mobil diparkirkan agar mudah mencarinya saat Anda sudah usai beraktivitas.

  1. Pilih Parkir yang Longgar

Memarkir mobil di parkiran mall jadi tantangan sendiri bagi pengemudi yang baru belajar menyetir. Kalau sudah begini, lebih baik sewa jasa tukang parkir untuk memarkirkan mobil Anda di parkiran mall. Kalau semisal Anda berkunjung ke kafe atau resto tertentu, pilih area parkir yang sama sekali belum diisi oleh mobil lain.

Dengan memilih area parkir yang longgar, Anda pun nantinya bisa lebih mudah untuk mengeluarkan mobil. Peristiwa seperti menabrak mobil lain di area parkir pun kemungkinan besar tidak akan terjadi.

  1. Putar Setir Secara Tajam

Saat sudah menemukan area parkir yang tepat, kini saatnya untuk memutar setir secara tajam ke kanan ataupun ke kiri. Belokkan setir setidaknya setengah putaran agar proses memarkirkan mobil pun jadi lebih mudah. Selain itu, pastikan kalau keadaan sekitar aman. Artinya tidak ada benda atau mobil lain yang mengganggu agar mobil bisa terparkir dengan baik.

  1. Beri Jarak dengan Mobil Lain

Satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah memberi jarak antara mobil Anda dengan mobil yang ada di samping kanan, kiri, di depan, ataupun di belakang mobil Anda. Beri jarak setidaknya 1,5 – 2 meter agar mobil manapun nantinya bisa keluar dengan mudah tanpa harus menabrak mobil lainnya.

  1. Cari Posisi Parkir yang Tepat

Posisi parkir sangat beranekaragam. Ada parkir mundur, serong, paralel, tanjakan, ataupun parkir garasi sempit. Bagi pengemudi pemula, akan lebih baik untuk menggunakan parkir serong karena teknik yang diperlukan untuk memarkir mobil tidak terlalu banyak. Cukup dengan mensejajarkan mobil dan memberi jarak dengan mobil lain, maka mobil pun siap ditinggalkan untuk sementara waktu.

Meskipun lebih mudah, namun Anda harus tetap berhati-hati saat memarkirkan mobil. Sesuaikan posisi parkir mobil Anda dengan mobil yang lain. Dan jangan lupa, pilihlah area parkir yang longgar.

  1. Parkir Mobil di Tempat Teduh

Parkiran yang ada di mall mungkin sudah teduh karena sudah ditutup langsung oleh beton di atasnya. Namun, hal sebaliknya terjadi jika Anda memarkirkan mobil di jalan raya atau pinggir jalan. Jika harus parkir di jalan raya, pilihlah area parkir yang teduh agar komponen yang ada di dalam mobil tidak panas saat mesinnya dimatikan. Dengan demikian, komponen mobil, terutama komponen mesin akan bisa lebih awet dan tahan lama.

Itu dia tips memarkirkan mobil yang baik dan benar. Semoga dengan tips ini, Anda jadi lebih tahu bagaimana cara memarkirkan mobil untuk menghindari lecet ataupun kerusakan lain yang mungkin terjadi saat mobil diparkirkan.

Leave a Reply