Tips Aman Berkendara Di Daerah Yang Super Macet

Mobilkeren.id – Berkendara di kota yang super macet seperti Jakarta dan Surabaya memang menyebalkan, apalagi kalau terjebak macet hingga berjam-jam. Kemacetan seperti ini terjadi hampir setiap hari sehingga sering kali menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

Mengingat tingkat kecelakaan yang tinggi saat jalanan macet, Anda perlu meningkatkan kewaspadaan agar dapat sampai dengan selamat hingga ke tempat tujuan. Bukan hanya Anda, kendaraan kesayangan pun juga selamat dari serempetan mobil lain.

Berikut ini beberapa tips berkendara yang perlu Anda terapkan di jalanan yang super macet:

Tips Aman Berkendara Di Daerah Yang Super Macet

  1. Menjaga Jarak

Menjaga jarak dengan mobil yang ada di depan Anda sangat penting dilakukan. Jarak paling aman adalah 1 – 1,5 meter atau setara degan respon selama 3 detik. Memberikan jarak tidak hanya untuk menyelamatkan kendaraan Anda, namun juga menyelamatkan kendaraan lain. Ketika kendaraan di depan Anda ingin berpindah, ia dapat berpindah dengan mudah tanpa menyebabkan kerusakan sedikit pun pada kendaraan kesayanganmu.

  1. Mengurangi Kecepatan

Berkendara di jalanan yang macet butuh tingkat kehati-hatian ekstra. Anda perlu mengurangi kecepatan atau laju kendaraan agar tidak membentur kendaraan yang ada di depan. Hindari untuk mengemudi dengan teknik start and go. Teknik ini hanya akan menguras tenagamu, juga mengurangi tenaga pada mesin mobil.

  1. Gunakan Lampu Isyarat

Saat jalanan macet, keinginan untuk berpindah jalur (baik ke kanan maupun ke kiri) seringkali muncul agar mobil dapat berpindah ke jalur yang lebih lancar. Agar keinginan untuk berpindah jalur berjalan dengan mulus, gunakan lampu isyarat sebagai penanda kalau mobil Anda ingin melakukan pergerakan. Hal ini sebagai pertanda bagi pengemudi di belakang, samping kiri maupun kanan kalau Anda ingin berpindah ke jalur lain.

Gunakan lampu isyarat yang saat melakukan pergerakan. Nyalakan lampu isyarat kanan kalau Anda ingin bergerak ke kanan. Dan sebaliknya, nyalakan lampu isyarat kiri kalau Anda ingin bergerak ke kiri.

  1. Hati-Hati dengan Mobil di Depan Anda

Watch out atau berhati-hati lah pada kendaraan yang ada di depan Anda. Tanpa disadari, mobil di depan Anda sering kali melakukan pergerakan yang tidak terduga. Misalnya, pindah jalur, berhenti mendadak, maupun mundur. Dengan kehati-hatian super ekstra, Anda dapat menyelamatkan mobil kesayangan dari benturan yang tidak terduga.

Satu hal yang tidak kalah penting yaitu menyalakan klakson. Apabila mobil di depan Anda melakukan pergerakan secara mendadak, nyalakan klakson sekuat-kuatnya sebagai penanda kalau aksi tersebut tidak diizinkan karena di belakang kendaraan tersebut masih ada kendaraan lain yang juga terjebak macet.

  1. Jangan Memotong Jalan

Memotong jalan sebenarnya sah-sah saja selama berkendara. Namun, tindakan ini dilarang keras saat kondisi jalanan super macet. Memotong jalan sama saja dengan menambah kemacetan, terutama untukkondisi jalan dua arah yang tidak dibatasi oleh beton atau semen.

Daripada kondisi jalan bertambah macet, lebih baik tetap pada posisi Anda. Berhentilah saat mobil di depan Anda berhenti dan majulah saat mobil di depan Anda maju.

  1. Hindari Bersebelahan dengan Truk

Truk, kontainer, bus pariwisata, dan bus-bus besar lainnya perlu Anda waspadai. Kenapa? Kendaraan big bang alias super besar seperti ini sering kali memakan korban. Bus besar juga sering kali mengalami rem blong. Daripada kejadian yang tidak diinginkan terjadi, lebih baik menyingkir atau mengalah ya. Biarkan bus besar tersebut lewat terlebih dahulu sehingga Anda dapat berkendara dengan tenang dan damai.

  1. Tetap Fokus

Peristiwa motong-memotong jalan sering ditemui saat kondisi jalan super macet. Untuk itu, Anda perlu tetap berhati-hati. Hindari segala macam gangguan yang dapat mengganggu konsentrasi Anda saat berkendara. Apabila handphone Anda berdering secara tiba-tiba, lebih baik dihiraukan demi keselamatan saat berkendara.

Tingkat kemacetan di Indonesia semakin parah mengingat meningkatnya jumlah kendaraan yang berlalu-lalang di jalan raya. Untuk menghindari kemacetan lalu lintas, Anda tidak butuh yang namanya tips ataupun trik khusus. Cukup dengan tips mudah berkendara di daerah yang super macet di atas, Anda dapat mengatasi berbagai peristiwa yang mungkin terjadi di jalan raya. Dengan demikian, Anda dapat sampai dengan selamat ke tempat tujuan tanpa kekurangan suatu apapun.

Leave a Reply