Ini Perbandingan Tarif Go-Car, GrabCar, dan UberX ! Mana yang Terbaik ?

Mobilkeren.id – Di era modern seperti saat ini, segalanya serba mudah, praktis dan cepat. Kemajuan teknologi pun tak dapat dihindari. Kini segala aktivitas dapat dilakukan secara online. Termasuk dalam hal transportasi telah banyak bermunculan layanan jasa taksi online seperti Go car, Grab car dan Uber X. Semua layanan jasa taksi tersebut tersedia secara online dan dapat diakses hanya dalam beberapa kali klik di hp android kesayangan Anda. Fenomena munculnya layanan trasnportasi online ini memang menjadi sebuah inovasi untuk menjawab kebutuhan masyarakat saat ini yang cenderung pragmatis. Masing-masing jasa taksi online tersebut memiliki keunggulan masing-masing. Dalam artikel ini akan dibahas terkait perbandingan jasa taksi online.

Latar Belakang Munculnya Jasa Taksi Online

Jika kita menilik dari perkembangannya, kemunculan layanan transportasi online berbasis aplikasi berawal dari kota Jakarta sebagai ibukota negara. Ada beberapa layanan transportasi online yang menawarkan jasa pengantaran dengan menggunakan kendaraan beroda empat. Layanan transportasi online berbasis aplikasi tersebut antara lain Gojek dengan Go Car, Grab dengan Grab Car, dan Uber dengan UberX. Ketiga layanan transportasi online ini menawarkan layanan pengantaran dengan kendaraan jenis Multi Purpose Vehicle (MPV), Family Car dan Sedan.

Perbedaan Layanan Jasa Taksi Online

Tarif Go-Car, GrabCar, dan UberX

Sebagai konsumen tentu Anda ingin tahu bagaimana perbedaan layanan jasa dari beberapa taksi online. Jasa layanan taksi online yang akan dibahas di sini meliputi Go Car, Grab Car dan Uber X. Perbedaan yang paling pokok dari ketiga layanan transportasi online ini adalah besarnya tarif yang ditetapkan.Uber X menawarkan tarif dengan sistem tarif dasar, biaya perkilometer dan tarif menunggu. Sedangkan tarif yang ditawarkan Grab Car adalah tarif datar sesuai yang tertera dalam aplikasi. Kemudian Go Car menggunakan sistem tarif datar sesuai dengan hitungan pada aplikasi.

Selain itu dari segi pembayaran, ketiga aplikasi juga menawarkan sistem pembayaran yang berbeda-beda. Sistem pembayaran yang ditawarkan Go Car adalah pembayaran secara tunai dan juga secara non tunai yang dibayarkan menggunakan Go Pay. Go-Pay sebenarnya dapat difungsikan sebagai dompet elektronik. Saldo dompet elektronik inidapat berasal dari pengiriman dana transfer melalui tiga jenis bank, Bank BCA, Bank BRI dan Bank Mandiri. Tidak jauh berbeda dengan Go Car, aplikasi Grab Car juga menawarkan sistem pembayaran tunai atau pembayaran non tunai. Pembayaran non tunai dapat dilakukan dengan Grab Pay. Grab pay ini juga memiliki fungsi sama seperti go pay dalam layanan go car. Namun sumber dana bisa berasal dari Kartu kredit dan kartu debit aneka bank.

Perbedaan antara ketiga jenis layanan taksi online juga dapat dilihat pada ketentuan pembatalan pemesanan. Dari ketiga layanan jasa taksi online, hanya Uber yang mengenakan biaya pembatalan. Untuk pembatalan yang lebih dari lima menit, Uber menetapkan tarif Rp 30 ribu. Sedangkan Grab Car dan juga Go Car tidak menetapkan biaya atas pembatalan pemesanan. Pada awalnya, ketiga layanan transportasi dengan mobil ini hanya tersedia di beberapa kota. Berdasarkan wilayah layanan Uber tersedia di Jabodetabek, Bali, Bandung dan Surabaya. Grabcar tersedia di Jabodetabek Bandung dan Denpasar, Bali. Sedangkan Go Car hanya tersedia di Jakarta. Namun kini layanan go car dan grab car sudah tersedia di kota-kota lain seperti Yogyakarta. Untuk lebih jelasnya, berikut sistem tarif yang digunakan pada layanan taksi online adalah sebagai berikut:

Perbandingan Tarif Go-Car, GrabCar, dan UberX

  1. Go Car

Tarif minimum : Rp 10.000
Tarif perkilometer : Rp 3.500 /km
Tarif Pembatalan : Rp 0

  1. Grab Car

Tarif minimum : Rp 10.000
Tarif Pembatalan : Rp 0

  1. Uber X

Tarif minimum : Rp 3.000
Tarif Dasar : Ro 3.000
Tarif Per Kilometer : Rp 2001,44 /km
Tarif Pembatalan : Rp 30.000
Tarif Menunggu : Rp 300 per menit

Berdasarkan perbandingan tarif tersebut, diketahui bahwa penetapan tarif juga merupakan strategi untuk bersaing dari ketika layanan jasa taksi online. Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan penetapan tarif taksi online, dapat dilihat dari uraian berikut. Misalnya saja dari Gandaria City menuju ke mal Central Park dengan jarak sekitar 10 km, ketiga aplikasi menunjukkan tarif yang beda tipis dan berikut adalah perbandingannya. Dengan tarif GO-CAR dan GrabCar menunjukkan tarif yang sama yaitu Rp 40.000. Namun sebenarnya apabila di kalkulasi secara manual, tarif GO-CAR harusnya lebih murah karena tarif per kilometer adalah Rp3.000. Sedangkan tarif dasar per kilometer dari Grab Car adalah Rp 4.000. Sedangkan Uber X hanya memberikan kisaran harga dari Rp 32.500 hingga Rp 42.000.

Layanan Jasa Taksi Online Go Car

jasa taxi online

Masih ingatkah Anda pada peristiwa beberapa waktu silam saat terjadi kericuhan demo supir taksi terhadap aplikasi pemesanan transportasi online? Namun tampaknya masalah ini tidak dipermasalahkan oleh perusahaan layanan jasa transportasi online. Mereka justru malah mengeluarkan layanan jasa kendaraan roda empat. Khususnya untuk transportasi roda empat. Salah satu layanan jasa taksi online bernama Go-Jek saat ini juga telah mengeluarkan GO-CAR, layanan jasa taksi online yang dapat menyaingi perusahaan Grab Car milik Grab atau perusahaan Uber yang telah muncul jauh-jauh sebelumnya.

Untuk dapat menggunakan jasa Go car sebagai salah satu layanan dari Go jek, Anda harus mengupdate aplikasi Go-Jek versi 2.0.0 melalui Google Play atau App store terlebih dahulu.

Kita tentunya patut berbangga diri untuk menggunakan layanan go jek, karena layanan ini merupakan karya anak bangsa. Selain itu, Go car sebagai produk dari go jek memiliki kelebihan apabila dibandingkan dengan Grab Car atau uber x yang telah ada lebih dulu.

Dari segi kelebihan, Go car memiliki system pembayaran yang lebih praktis. Pembayaran dapat dilakukan melalui uang tunai maupun non-tunai. Untuk pembayaran non tunai, Go car memiliki go pay yang berfungsi sebagai dompet elektronik. Namun go pay sendiri baru hadir pada Aplikasi gojekversi 2.0.0. Untuk menggunakannya, Anda perlu mengisi saldo terlebih dahulu melalui bank transfer. Setelah itu, saldo akan dipotong secara otomatis setiap kali menggunakan layanan GO-JEK, termasuk GO-CAR. Yang lebih membahagiakan lagi, Go jek akan memberikan promo hingga diskon 50 persen setiap kali penggunaan go pay.

Artikel Terkait : Cara Mendaftar Taxi Online dan Persyaratannya

Untuk grab car dan uber, keduanya menyediakan sistem pembayaran uang tunai dan kartu kredit. Sebenarnya system pembayaran ini tak jauh beda dengan go car. Akan tetapi system pembayarannon tunai dengan menggunakan kartu kredit dinilai kurang praktis bagi kebanyakan orang, karena tak semua memiliki kartu kredit. Kedua system pembayaran tersebut bisa dipilih saat melakukan pemesanan. Sehingga apabila Anda sedang tidak membawa uang tunai, maka Anda dapat menggunakan kartu kredit sebagai sarana pembayaran grab car dan uber. Demikianlah ulasan mengenai jasa taksi online beserta perbedaan jasa taksi online.

Leave a Reply