Knalpot Mobil Berasap dan Berair Saat Baru Dihidupkan ! Inidia Penyebabnya

Mobilkeren.id – Memanaskan knalpot mobil merupakan rutinitas wajib yang harus dilakukan pengemudi sebelum membawa mobil melaju ke tempat tertentu. Sebagian dari Anda mungkin berpikir kalau pemanasan ini tidak terlalu penting. Padahal, memanaskan mobil dipercaya sangat ampuh untuk mengoptimalkan performa mobil sewaktu berkendara.

Selama proses pemanasan, mobil akan mengeluarkan asap melalui knalpot. Asap ini merupakan hasil dari proses pembakaran yang terjadi di dalam komponen mesin, dikenal sebagai polutan atau polusi udara. Jumlah asap yang keluar sewaktu proses pemanasan biasanya normal, tapi bagaimana kalau asapnya berlebihan atau bahkan mengeluarkan air? Daripada paniknya berlebihan, simak ulasan di bawah ini ya!

Penyebab Knalpot Mobil Berasap dan Berair

Penyebab Mobil Berasap dan Berair

  1. Komponen mesin rusak

Knalpot mobil berasap dan berair sebenarnya bukan merupakan masalah yang harus dikhawatirkan. Kondisi ini sangat normal selama mesin mobil bekerja. Namun, berubah menjadi tidak normal saat jumlah asap dan air yang keluar dari knalpot berlebihan. Itu pertanda bahwa salah satu dari komponen mesin mobil mengalami kerusakan serius yang butuh ditangani dengan cepat.

Sebelum membongkar bagian knalpot, Anda harus mengecek jenis air apa yang sebenarnya keluar dari knalpot mobilmu. Apakah itu air biasa atau oli. Untuk mengetahuinya, Anda bisa meraba bagian knalpot dengan perlahan menggunakan ujung jari, lalu cium. Apabila tetesan air yang keluar berupa oli, sebaiknya Anda langsung membawa mobil ke bengkel terdekat untuk segera ditindaklanjuti. Jika ini dibiarkan maka proses pembakaran mesin mobil menjadi tidak sempurna. Mobil juga lebih boros bensin.

  1. Suhu terlalu dingin

Knalpot berasap dan berair juga dapat disebabkan karena suhu yang dingin. Curah hujan yang tinggi ataupun letak tempat tinggal yang terdapat di daerah pegunungan menjadi pemicu utama. Namun, hal ini tidak perlu diambil pusing ya. Knalpot berasap dan berair saat suhu udara dingin itu sudah biasa, bahkan hampir terjadi pada semua kendaraan.

Suhu dingin menyebabkan proses pembakaran pada mesin mobil menjadi kurang sempurna. Air yang seharusnya keluar dalam jumlah yang normal berubah menjadi embun akibat proses penguapan.

Agar knalpot tetap bekerja dengan normal (tidak berasap dan berair), Anda perlu memperhatikan iklim atau suhu di suatu lingkungan sebelum akhirnya bepergian kemanapun. Pastikan semua kondisi mobil, termasuk mesin-mesinnya aman agar berkendara semakin nyaman dan aman.

  1. Embun mengendap pada knalpot

Selain karena komponen mesin mengalami kerusakan dan suhu mobil yang terlalu dingin, knalpot berasap dan berair juga dapat disebabkan oleh embun yang mengendap pada knalpot mobil. Embun-embun tersebut muncul akibat temperatur mesin mengalami kenaikan saat proses pemanasan mobil belum terlalu sempurna.

Kalau hal di atas terjadi, Anda tidak perlu panik. Embun-embun tersebut tidak akan merusak komponen mesin ataupun komponen lainnya. Karena pada dasarnya embun tersebut muncul akibat proses pembakaran BBm sempurna. Intinya sebelum Anda menggunakan mobil untuk pergi ke kantor atau kemanapun, pastikan tekanan pengapian, waktu pengapian, dan bunga pengapian sudah cukup.

  1. Proses pembakaran sempurna

Knalpot mobil berasap dan berair tidak perlu dikhawatirkan. Karena hal ini berarti proses pembakaran mobil sempurna. Hal ini dapat dibuktikan dengan rumus kimia pada hasil pembakaran yang menghasilkan karbondioksida (CO2) dan air (H2O).

Pada saat proses pembakaran, air yang ada di dalam mesin mobil akan menguap. Akibat dari proses kondensasi ini akan berubah menjadi tetes-tetes air yang akan dikeluarkan melalui knalpot mobil. Selain rumus CO2 dan H2O, ada juga rumus 2C8H18 + 25O2. Saat rumus ini disederhanakan maka akan berubah menjadi H2O yang berarti air. Selagi jumlah air yang keluar masih wajar, Anda tidak perlu panik ya. Mobil Anda masih baik-baik saja kok.

Sudah tahu kan apa yang menyebabkan knalpot mobil berasap dan berair? Hal tersebut merupakan hal yang wajar untuk semua jenis kendaraan. Agar mobil terlebih bagian knalpot mobil tetap awet, Anda perlu rajin membawa mobil ke “salon” untuk diperiksa setiap komponen atau spare part di dalamnya. Apabila terjadi kerusakan, pihak bengkel dapat segera memperbaiki komponen tersebut sehingga kerusakan mobil tidak bertambah parah.

Artikel ini membahas:

  • knalpot mobil keluar air tpi berasap
  • penyebab knalpot mobil mengeluarkan asap

Leave a Reply