Seberapa Pentingkah Asuransi Mobil? Ini Jawabannya!

Mobilkeren.id – Bepergian dengan kendaraan pribadi tentu lebih nyaman juga aman, apalagi di era dimana perampokan lagi marak terjadi. Di daerah yang padat penduduk dan mobilitas tinggi, kendaraan pribadi menjadi kebutuhan wajib setiap individu. Sebab, pemiliki lebih bebas bepergian kapanpun dan kemanapun, tanpa harus ribet memikirkan antrian panjang untuk mendapatkan tiket bus.

Selaku pemilik kendaraan, Anda pasti selalu berharap agar kendaraan tetap bagus sampai bertahun-tahun. Selain servis, perawatan lain yang juga tak kalah pentingnya adalah asuransi. Bila suatu saat kendaraan Anda mengalami kecelakaan atau kerusakan parah akibat suatu hal, Anda tidak perlu kelabakan untuk cari biaya. Sebab, perusahaan asuransi siap mengkover sebagian dari biaya kerusakan.

Pentingkah Asuransi Mobil

Sebegitu pentingkah asuransi mobil? Tentu saja iya! Untuk lebih jelasnya, berikut keuntungan yang Anda dapat saat mempunyai asuransi mobil.

  1. Melindungi Mobil dari Aksi Pencurian

Peristiwa malang dapat menimpa siapapun tanpa pandang bulu. Sebaik apapun mobil pribadi dijaga, ada saja orang yang berusaha ingin mencuri mobil tersebut. Kalau sampai lengah, mobil pun bisa lenyap tanpa jejak. Untuk mengurangi kerugian akibat adanya pencurian mobil, Anda bisa mengikuti asuransi.

Jika suatu hari mobil dicuri, Anda bisa melaporkan aksi pencurian yang terjadi kepada pihak asuransi. Pelaporan harus disertai dengan bukti yang akurat kalau mobil tersebut benar-benar hilang. Apabila pihak asuransi menyetujui klaim pencurian, maka pihak asuransi pun siap mencairkan sebagian dana untuk mengganti kemalangan yang menimpa Anda. Alhasil, Anda bisa membeli mobil baru atau setidaknya bayar DP untuk mobil baru dari uang pertanggungjawaban yang diberikan oleh pihak asuransi tadi.

  1. Melindungi Mobil dari Berbagai Kerusakan

Selain pencurian, berbagai kerusakan pun tidak bisa dielakkan. Misalnya, kecelakaan. Peristiwa malang ini dapat terjadi kepada siapapun, kapanpun, dan dimanapun. Jika suatu saat terjadi kecelakaan yang mengakibatkan mobil penyok atau hancur, setidaknya Anda bisa mengajukan klaim kepada perusahaan asuransi. Apabila klaim disetujui, Anda pun akan menerima sejumlah uang pertanggungjawaban untuk mengkover sebagian dari biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki kerusakan pada mobil.

  1. Pertanggungjawaban Kepada Pihak Ketiga

Apabila terjadi kecelakaan yang melibatkan pihak ketiga, Anda bisa menggunakan jasa perusahaan asuransi untuk mengurusi seluruh masalah yang ada kaitannya dengan kecelakaan ini. Perusahaan akan langsung mengambil alih pertanggungjawaban atas kejadian yang menimpa Anda. Sehingga masalah yang ada kaitannya dengan pengadilan, hukum, ataupun biaya ganti rugi akan diurusi oleh asuransi. Sementara Anda tinggal menunggu keberlanjutan dari kasus yang terjadi tanpa ribet memikirkan masalah uang dan hukum.

  1. Asuransi Bisa Dijadikan Sebagai Investasi

Jika Anda termasuk orang yang teledor dan membutuhkan perlindungan yang tepat untuk kendaraan, maka asuransi lah jawabannya. Anda juga dapat menggunakan asuransi sebagai investasi. Sebab, masalah yang terjadi di kemudian hari, yang melibatkan Anda secara pribadi, kendaraan, pihak kedua, maupun pihak ketiga, semuanya dapat diatasi. Baik dari segi biaya, hukum, dan lain-lain.

Hanya dengan “asuransi”, maka semua masalah yang berkaitan dengan kendaraan dapat ditangani. Manfaat yang didapat pun lebih banyak, sehingga Anda lebih nyaman saat berkendara.

  1. Bayar Murah, Untung Besar

Jumlah premi asuransi untuk kendaraan tergantung dari tipe, umur, dan harga kendaraan itu sendiri. Apabila harga kendaraan mahal, maka biaya premi yang dibayarkan pun sedikit lebih mahal dibandingkan kendaraan lain. Meskipun begitu, keuntungan yang akan didapat di kemudian hari jauh lebih besar dibanding apa yang sudah dibayarkan.

Baik itu kecelakaan, pencurian, masalah dengan pihak ketiga, bahkan penggantian suku cadang atau spareparts yang mahal, Anda dapat melibatkan pihak asuransi untuk memberikan biaya pertanggungjawaban. Sehingga uang yang ada di dompet tidak terkuras habis hanya karena permasalahan yang terjadi pada kendaraan pribadi.

Pilih Jenis Asuransi yang Tepat

Menjaga kendaraan dari peristiwa yang tidak dapat diprediksi memang sudah wajib hukumnya. Daripada menghabiskan uang untuk membayar biaya ganti rugi, lebih baik alokasikan uang tersebut untuk membayar cicilan asuransi mobil setiap bulan. Sehingga kerugian yang ditanggung juga lebih kecil karena sudah ada pihak lain yang nantinya ikut menanggung sebagian dari kerugian yang muncul.

Leave a Reply