Mengenal Pengereman ABS, Cara Kerja, Kelebihan, dan Kekurangan

Mobilkeren.id – Perkembangan di dunia otomotif mengalami peningkatan pesat beberapa tahun terakhir. Hal ini bisa dilihat dari meningkatnya jumlah penjualan, diikuti dengan fitur-fitur yang disematkan pada otomatif yang bersangkutan.

Beberapa tahun terakhir, dunia otomotif di Indonesia digemparkan dengan kehadiran pengereman ABS (Anti-lock Braking System) yang berguna untuk mencegah roda terkunci secara otomatis saat pengereman secara tiba-tiba.

Pengereman ABS

Sistem pengereman ini bisa dibilang baru dan masih disematkan untuk kendaraan tertentu saja. Namun, kehadirannya di dunia otomatif disambut baik oleh pecinta otomotif karena membuat roda tetap terbuka meskipun direm secara mendadak. Berbanding terbalik dengan mobil yang tidak dilengkapi rem ABS, dimana roda akan terkunci saat pengemudi memijak rem mendadak. Hal inilah yang dapat menyebabkan tingginya tingkat kecelakaan di Indonesia.

Cara Kerja Sistem ABS

Saat mobil melaju pada kecepatan tinggi, roda mobil seringkali sulit untuk dikendalikan. Inilah yang menyebabkan meningkatnya angka kecelakaan di Indonesia. Hadirnya sistem ABS akan membantu untuk mengontrol putaran rodal mobil, terutama saat Anda berkendara dengan kecepatan tinggi di jalanan yang licin. Teknologi membantu Anda untuk mengendalikan roda saat mobil direm secara mendadak.

Cara Kerja Sistem ABS

Mobil yang tidak dilengkapi dengan sistem ABS akan lebih sulit dikontrol, terutama saat pengereman mendadak. Hal ini karena keempat ban mobil akan otomatis terkunci saat direm mendadak. Akibatnya, ban mobil lebih sulit dikendalikan dan meluncur dengan kecepatan tinggi.

Cara kerja sistem ABS didukung oleh 4 komponen, yaitu:

  1. Sensor kecepatan

Setiap roda mobil dilengkapi dengan sensor yang berfungsi untuk membaca kecepatan roda yang berputar. Pada sensor disematkan magnet yang berfungsi untuk menghasilkan garuis gaya magnet. Selain sensor, ada juga rotor yang terletak pada roda gigi. Saat rotor berputar, roda gigi juga ikut berputar. Perputaran kedua bagian ini akan menghasilkan gaya induksi elektromagnetif bolak-balik sesuai dengan kecepatan atau laju dari rotor.

  1. Katup pengereman

Mobil yang memiliki sistem pengereman ABS juga dilengkapi katup pengereman yang terdapat di bagian jalur minyak rem. Posisi katup pengereman inipun berbeda-beda, yaitu:

  • Katup posisi satu: posisi katup terbuka penuh yang membuat tekanan rem penuh, langsung diteruskan ke bagian rem mobil
  • Katup posisi dua: posisi katup yang menghalangi perputaran minyak pada rem, sehingga penyaluran minyak ke rem akan terhambat meskipun rem sudah diinjak oleh pengemudi
  • Katup posisi tiga: posisi katup yang menahan ½ dari putaran minyak. Akibatnya minyak yang masuk ke bagian rem hanya setengah saja, tidak penuh
  1. Kontroler

Komponen ini menjadi bagian ini dari rem ABS. Kontroler berfungsi untuk mengendalikan katup dan mengolah perputaran minyak pada sensor kecepatan. Jika bagian ini rusak, maka rem ABS tidak dapat berfungsi maksimal.

  1. Pompa

Berfungsi untuk mengembalikan tekanan pada sistem pengereman mobil. Terutama jika Anda ingin memberhentikan mobil secara mendadak.

Kelebihan dan Kekurangan Sistem ABS

Kelebihan sistem ABS

  • Berkendara jadi lebih aman karena pengemudi dapat mengetahui perputaran roda mobil, terutama saat mendadak direm
  • Merupakan teknologi yang bernilai tinggi karena fungsi dan fiturnya yang masih baru dan tidak dimiliki oleh yang lain
  • Dapat mengontrol besarnya tekanan pada masing-masing roda mobil. Namun, kelebihan ini hanya untuk mobil-mobil mewah dan mahal saja

Kekurangan sistem ABS

  • Pengereman jadi lebih panjang, terutama di jalan bebatuan dan area yang ditutupi oleh es. Hal ini disebabkan karena permukaan jalan bebatuan tidak selicin jalan aspal
  • Teknologi pengereman ABS yang disematkan pada motor dapat menyebabkan ban belakang motor ikut terangkat pada saat pengereman mendadak. Hal ini tentu sangat membahayakan si pengendara karena posisi motor yang tidak seimbang memicu hal-hal yang tidak diinginkan
  • Roda motor akan tetap berputar setelah pengereman. Hal ini terjadi saat motor berada di jalan bebatuan yang dipenuhi kerikil. Sehingga Anda perlu berhati-hati ya!
  • Harga kendaraan yang menggunakan teknologi pengereman mobil cukup mahal

Itulah informasi mengenai teknologi pengereman ABS. Meskipun teknologi ini sangat diminati, namun teknologi ini masih memiliki sejumlah kekurangan yang patut dipertimbangkan. Untuk itu, teliti saat membeli kendaraan itu sangat perlu ya agar tidak menyesal dikemudian hari.

Leave a Reply