Tips Modifikasi Kabin Mobil MPV Supaya Lebih Kece dan Mewah

Mobilkeren.id – Permintaan akan mobil jenis multy purpose vehicle (MPV) mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Selain harganya yang tidak terlalu mahal, mobil jenis ini juga sangat cocok untuk keluarga mengingat daya tampungnya yang banyak. Di Indonesia sendiri, saingan terberat kelas MPV yaitu Toyota Avanza, Honda Mobilio, Kijang Innova, dan Toyota Rush.

Agar mobil MPV tampak lebih oke, perlu dilakukan sedikit modifikasi. Jenis modifikasi ini sendiri sangat beranekaragam tergantung selera masing-masing individu. Kebanyakan dari Anda mungknin lebih sering melihat modifikasi di bagian luar atau eksterior. Bagaimana kalau bagian dalam, khususnya kabin mobil? Sudah pernah lihat atau belum ya?

Kalau Anda ingin memodifikasi interior khususnya kabin mobil MPV,  berikut tips yang perlu diperhatikan:

  1. Mengubah Kerangka

Modifikasi Kabin Mobil MPV

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengubah kerangka yang awalnya terlihat sangat polos, dibentuk menjadi kerangka yang terlihat seperti VIP. Kerangka yang dipilih sesuai dengan selera individu masing-masing.

Proses pengubahan rangka tidak dilakukan seluruhnya untuk semua kursi di kabin ya. Kursi yang dimodifikasi cukup kursi barisan kedua saja. Untuk kursi pengemudi dan kursi barisan ketiga biasanya masih menggunakan konsep yang berasal dari pabrik. Akan tetapi, warna, corak, dan model kursi yang dimodifikasi harus menyesuaikan dengan kursi yang tidak dimodifikasi agar terlihant nyambung.

  1. Memilih Seat yang Original

Memilih Seat yang Original

Seperti yang sudah disinggung pada poin pertama, seat atau kursi yang perlu dimodifikasi cukup kursi pada barisan nomor dua. Agar kabin terlihat lebih mewah dan kece, pilih jenis kursi dengan warna kecoklatan atau cream. Warna ini sangat sering ditemukan untuk modifikasi kabin mobil karena memang enak dipandang mata.

Untuk menambah kenyamanan, pilihlah seat yang original ya. Memang, harga seat yang original jauh lebih mahal dibandingkan seat yang biasa-biasa saja. Akan tetapi, kualitas nggak pernah bohong kalau soal kenyamanan ya. Dibandingkan dengan seat KW, seat original juga lebih awet dan tahan lama.

  1. Memasang Peredam

Memasang Peredam Mobil

Selama berkendara, Anda mungkin sering mendengar bunyi suara aneh. Bunyi ini sebenarnya timbul karena sentuhan ban mobil pada permukaan aspal. Namun, suaranya yang ribut membuat suasana berkendara kurang nyaman. Maka dari itulah Anda perlu menambahkan peredam suara. Jadi saat ban bersentuhan dengan aspal, suara yang tadinya ribut dapat diredam menjadi suara gesekan yang halus.

Akan tetapi, peredam suara yang digunakan tidak boleh asal-asalan. Menurut salah seorang pemilik car shop, peredam yang baik harus memiliki kualitas busa yang bagus. Dimana busa-busa ini diimpor langsung dari Rusia. Tidak hanya meredam suara, busa ini juga mampu menyerap panas yang berada di dek kabin mobil Anda.

Proses pemasangan peredam suara pada mobil Anda tidak lama. Cukup 3 – 4 hari saja, kabin mobil sudah dilengkapi dengan peredam berkualitas yang membuat berkendara jauh lebih nyaman dan menyenangkan.

4. Memperbaiki Konsol Mobil

Memperbaiki Konsol Mobil

Setelah membereskan bagian kursi, kini beranjak ke bagian konsol mobil. Mulai dari TV LED, audio atau radio, charger, kulkas kecil, dan masih banyak lagi. Penambahan fasilitas ini berguna untuk menambah kenyamanan saat berkendara.

Konsol yang dipasang pada mobil membutuhkan waktu pengerjaan yang lumayan lama, yaitu 3 minggu – 3 bulan. Waktu pengerjaannya sendiri tergantung pada tingkat kerumitan konsol yang akan dibuat. Semakin rumit, tentunya semakin lama.

Memodifikasi kabin mobil secara keseluruhan pada umumnya memakan waktu yang lumayan lama. Apalagi jika bagian yang dimodifikasi lumayan banyak. Sebelum modifikasi dilakukan, jangan lupa mempersiapkan cash ya. Jumlah yang Anda butuhkan sesuai dengan konsep modifikasi yang diinginkan. Semakin mewah konsepnya, semakin mahal tentunya.

Satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah semua bagian atau komponen yang sudah dimodifikasi biasanya mengandung unsur elektrik. Anda harus berhati-hati saat membawa anak-anak, khususnya bayi ke dalam kabin mobil. Pastikan si bayi tetap berada dalam pengawasan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Artikel ini membahas:

  • harga modif kabin mobil
  • modifikasi mobil keluarga keren

Leave a Reply