AWAS! 7 Kebiasaan Ini Bisa Membuat Mesin Mobil Cepat Rusak

Mobilkeren.id – Mesin mobil ibaratkan tubuh manusia yang butuh perawatan agar tetap awet dan tahan lama. Tanpa perawatan secara rutin, mesin mobil akan rentan terhadap kerusakan. Berdasarkan pengalaman pribadi, ini dia 7 kebiasaan yang bisa banget bikin mesin mobilmu cepat rusak.

  1. Jarang “Didandan”

“Didandani” merupakan istilah gaul yang artinya sama dengan servis. Mesin mobil yang jarang diservis rentan terhadap kerusakan. Seperti kebocoran dan berkarat. Agar mesin tetap terjaga, lakukan servis secara rutin, minimal satu kali dalam satu bulan.

Dengan melakukan servis, Anda dapat mengetahui kerusakan apa saja yang terjadi pada mobil. Apabila tingkat kerusakannya tidak bisa ditolerir, Anda pun dapat segera memperbaikinya agar mobil terhindar dari kerusakan yang lebih parah.

  1. Maju Mundur Secara Mendadak

Kebiasaan memajukan dan memundurkan mobil secara mendadak juga dapat merusak bagian mesin mobil. Hal ini akan menyebabkan mesin mobil cepat aus. Selain itu, bahan bakar yang dibutuhkan oleh mobil pun meningkat tajam sehingga mesin mobil lebih boros dari biasanya.

  1. Pindah Gigi Secara Asal-Asalan

Transmisi mobil berperan penting pada bagian mesin. Jika transmisi mobil rusak, kinerja mobil pun akan berkurang secara otomatis. Oleh sebab itu, sayangi transmisi mobilmu. Hindari untuk pindah gigi secara asal-asalan.

Ikuti langkah memindahkan gigi secara tepat. Apabila Anda belum terlalu paham tekniknya, Anda dapat melihat buku panduan atau searching artikel tentang cara mengoperasikan transmisi mobil dengan benar. Sehingga transmisi tetap awet, mesin mobil secara keseluruhan pun awet.

  1. Menginjak Rem Secara Mendadak

Rem mendadak merupakan kebiasaan buruk para pengendara mobil. Percaya atau tidak, kebiasaan ini akan mempersingkat usia mesin mobil milikmu. Karena pengereman mendadak akan mengakibatkan mesin mobil cepat kering atau aus.

  1. Menahan Kopling di Jalanan yang Super Macet

Bagi pengendara mobil manual, sistem pergerakan kopling sangat penting untuk diperhatikan. Jika kondisi jalanan super duper macet, hindari untuk terlalu lama menahan kopling karena dapat mengakibatkan mesin mobil cepat rusak.

Kalau dibandingkan dengan memindah-mindahkan gigi, menahan kopling memang jadi opsi terbaik agar mobil lebih mudah dimajukan saat kondisi jalanan mulai longgar. Namun, apa daya, terlalu sering menahan kopling tidak bagus. Hal ini akan membuat kampas kopling cepat habis sehingga mesinnya cepat mengalami kerusakan.

  1. Sering Mengabaikan Peringatan

Mobil memberikan serangkaian peringatan bagi pengemudi untuk lebih berhati-hati saat melaju. Namun, banyak pengemudi yang mengabaikan peringatan ini yang secara langsung dapat berdampak pada performa mobil itu sendiri.

Jika suatu saat mobil memberikan peringatan berupa “bunyi”, itu artinya mobil Anda sedang dalam masalah besar. Segera bawa mobil Anda ke bengkel untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut dari para teknisi profesional.

  1. Lupa Mematikan Lampu Mobil

Seperti yang kita tahu, lampu mobil berguna untuk memberikan penerangan saat berkendara di malam hari. Akan tetapi, menghidupkan lampu mobil secara terus-menerus tidak disarankan. Hal ini akan menyebabkan kerusakan pada bagian mesin.

Pada dasarnya, energi yang didapat oleh lampu mobil berasal dari aki mobil itu sendiri. Ketika lampu mobil tetap menyala saat mesin mobil dalam keadaan mati, maka energi yang terdapat pada aki cadangan akan tersedot sampai habis. Kalau sudah begini, performa mobil akan berkurang. Keadaan terburuknya adalah mobil tidak dapat dijalankan.

Agar mesin mobil tetap awet dan tahan lama, alangkah baiknya jika Andamenghindari kebiasaan yang bisa bikin mesin mobil cepat rusak. Lakukan perawatan secara rutin dan sayangi mesin mobilmu!

Leave a Reply