Inidia Cara Menghidupkan dan Mematikan Mesin Mobil dengan Benar

Mobilkeren.id – Mematikan dan menghidupkan mesin mobil bukanlah hal yang sulit. Tapi, masih banyak orang yang bersalahan saat mempraktekkannya. Langkah yang harusnya dilakukan di akhir malah dilakukan di awal atau pertengahan. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi performa mobil dalam waktu cepat ataupun lambat.

Agar menghidupkan dan mematikan mesin mobil sesuai dengan tata cara yang sebenarnya, coba praktekkan langkah-langkah berikut ini.

Menghidupkan Mesin Mobil

6 Langkah Menghidupkan Mesin Mobil dengan Benar

  1. Masukkan kunci mobil ke dalam kontaknya

Kunci yang dimasukkan jangan diputar ke posisi on terlebih dulu. Biarkan mesin mobil masih dalam posisi off atau mati. Lakukan langkah berikutnya.

  1. Kenali letak 3 komponen penting

Komponen penting yang dimaksud adalah letak pedal kopling, rem, dan gas. Pedal kopling terletak di sebelah kiri, rem terletak di tengah, dan gas terletak di sebelah kanan. Kenali ketiga posisi ini dengan baik sebagai bentuk aba-aba untuk menghindari terjadinya kesalahan saat menyetir mobil

  1. Memeriksa seluruh komponen selama penyetiran

Periksa semua komponen secara teliti, misalnya rem, pedal kopling, rem, tuas gigi, lingkar kemudi, dan yang lainnya. Pastikan mobil dalam posisi netral terlebih dahulu sebelum dinyalakan.

  1. Putar kunci ke posisi on

Putarlah kunci yang sudah dimasukkan ke dalam kontak tadi secara perlahan sampai mesin mobil menyala. Atur posisi gigi ke gigi satu agar mobil dapat melaju secara perlahan. Catatan: Anda bisa mengganti posisi gigi kapanpun sesuai dengan kecepatan yang diinginkan dan kondisi jalan yang akan dilalui

  1. Putar tuas transmisi

Putarlah tuas transmisi kapanpun Anda mau untuk mengganti posisi gigi yang diinginkan. Untuk mengetahui posisi gigi saat ini, Anda bisa memperhatikan angka yang terdapat pada tuas transmisi. Jadikan angka tersebut sebagai pedoman apabila Anda belum paham betul mengenai posisi gigi pada tuas transmisi.

  1. Pertahankan laju mobil

Maksud poin ini adalah mempertahankan kecepatan yang ditempuh oleh mobil. Tujuannya agar Anda selamat selama di perjalanan. Jangan lupa untuk memijak pedal gas dan rem secara bergantian jika tiba-tiba ingin berhenti ataupun melaju kembali. Nikmati perjalanan Anda.

3 Langkah Mudah Mematikan Mesin Mobil dengan Baik dan Benar

  1. Turunkan kecepatan mobil

Langkah pertama yang perlu dilakukan saat mematikan mesin mobil adalah mengurangi kecepatan. Kecepatan disini bisa turun secara drastis, bisa juga secara perlahan. Akan tetapi, lebih baik jika kecepatan diturunkan secara perlahan agar mesin mobil lebih awet dan tahan lama.

  1. Tunggu sampai putaran mobil menjadi stabil

Setelah kecepatan mulai berkurang, sekarang saatnya menunggu sampai putaran normal kembali ke posisi normal atau stabil. Waktu yang dibutuhkan untuk langkah ini tidak terlalu lama. Cukup 15 – 30 detik saja sebelum kontak diarahkan ke posisi off.

  1. Cabut kunci mobil

Setelah kontak sudah diarahkan ke posisi off, sekarang Anda sudah bisa mencabut kunci mobil dari kontaknya. Cabut kunci secara perlahan agar kunci tersebut tidak putus saat dicabut. Sekarang Anda bisa keluar dari mobil dan melakukan aktivitas.

Lakukan langkah di atas dengan tepat setiap kali Anda ingin menghidupkan dan mematikan mesin mobil. Jika Anda tidak terburu-buru, jangan lupa untuk mematikan radio, ac mobil, dan fasilitas lainnya yang ada di dalam mobil. Sehingga mobil benar-benar ditinggalkan dalam keadaan mati secara keseluruhan.

Artikel ini membahas:

  • cara menghidupkan mobil
  • cara menyalakan mobil
  • cara menghidupkan mesin mobil
  • cara ngidupin mobil
  • Cara menghidupkan mesin glassheer
  • menghidupjan mesin mobil
  • cara menstarter mobil yang benar
  • cara menghidupkan mobil yang benar
  • cara menghidupkan mo
  • teks prosedur dalam memperbaiki mobil yang simpel

Leave a Reply