Cara Mengecek dan Mengganti Oli Mobil Tanpa Harus Ke Bengkel

Mobilkeren.id – Pada setiap mobil, oli memiliki fungsi yang sangat penting bagi mesin kendaraan ataupun bagi rem. Oleh sebab itu, para pemilik kendaraan harus rutin mengganti dan memeriksa oli agar kendaraan dapat beroperasi dengan baik. Sayangnya, tidak semua pemilik kendaraan telaten memperhatikan kendaraan mereka.

Banyak pemilik mobil yang membawa kendaraan mereka ke bengkel dan menyerahkan kepada orang yang memang mengerti tentang mesin kendaraan. Namun ada beberapa orang pula yang merasa malas jika harus pergi ke bengkel. Berikut ini kami akan memberikan tips kepada anda cara mengganti oli mobil yang bisa anda lakukan sendiri di rumah.

Cara Mengganti Oli Mobil

Fungsi oli pada kendaraan

Sebelum mengetahui cara memeriksa oli mobil dan menggantinya, anda juga harus mengetahui fungsi oli untuk mobil. Tujuannya agar anda lebih memperhatikan pentingnya oli pada mobil anda. Fungsi oli pada mobil adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai pelumas mesin

Oli akan bekerja sebagai pelumas yang bertugas untuk meminimalisir gesekan gesekan antara logam sehingga gerakan pada mesin akan menjadi halus dan minim hambatan. Oli juga akan mencegah gesekan yang terlalu kasar yang bisa mengakibatkan kerusakan pada mesin.

  1. Sebagai pembersih

Kotoran dapat masuk pada sela-sela ring mesin dan juga akan terjadi sisa pembakaran pada mesin yang akan menghasilkan kerak. Jika dibiarkan, kerak ini akan menumpuk. Fungsi oli disini adalah untuk melarutkan kotoran ini dan akan dibuang bersama dengan penggantian oli.

  1. Sebagai pelindung mesin

Selain melindungi mesin dari gesekan gesekan antar logam, oli juga berfungsi untuk melindungi mesin dari korosi atau berkarat.

  1. Sebagai pendingin mesin

Dari hasil pembakaran pada ruang bakar, panasnya akan merambat pada mesin. Selain itu, gesekan pada mesin juga akan meningkatkan suhu pada mesin. Fungsi oli disini adalah untuk membawa panas tersebut ke tempat penampungan yang selanjutnya akan dibuang bersama dengan udara yang mengaliri tempat penampungan oli.

Cara mengecek oli tanpa ke bengkel

Sebelum memutuskan untuk ganti oli mobil, yang harus kita lakukan pertama kali adalah mengecek atau memeriksa oli mobil. Caranya cukup mudah, jadi anda memang tidak perlu membawa mobil anda ke bengkel hanya untuk memeriksa kondisi oli pada mobil anda.

Cara paling mudah untuk memeriksa kondisi oli pada mobil anda adalah dengan memeriksa lampu indikator oli. Cukup nyalakan mesin mobil anda, dan tunggu 1 hingga 3 detik, lihat lampu indikator oli. Jika lampu indikator mati, maka tandanya oli masih dalam kondisi yang baik. Namun jika lampu indikator oli menyala dan mati secara bergantian, maka oli tersisa kurang dari 1 liter atau ada kebocoran oli pada mesin mobil anda.

Cara mengecek oli mobil

Selain cara di atas, anda juga bisa menggunakan cara yang lebih teliti untuk memeriksa oli mobil anda. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Periksa oli mobil sebaiknya dalam keadaan mobil tidak dinyalakan atau dalam keadaan oli masih dingin. Jika sudah terlanjur dinyalakan, sebaiknya diamkan dahulu hingga mesin dan oli mobil dingin. Setelah itu, buka kap mesin sepenuhnya jika perlu untuk menyangga kap agar anda lebih leluasa saat memeriksanya.
  2. Setiap mobil tentunya memiliki tongkat celup untuk memeriksa oli. Bedanya hanya lokasi dari tongkat celup tersebut. Harus diperhatikan jika yang anda ambil adalah tongkat celup untuk memeriksa oli, bukan tongkat transmisi. Selanjutnya adalah bersihkan dengan kain bersih.
  3. Selanjutnya masukkan tongkat itu hingga masuk dalam tangkai seluruhnya. Jika oli berada dalam garis ADD, anda perlu untuk menambah oli. Tetapi jika masih mendekati garis FULL, anda tidak harus menambah oli.
  4. Selain memeriksa kuantitas, anda juga perlu memeriksa kualitas oli. Caranya adalah dengan melihat apakah oli tersebut terlihat kotor dan berasap. Jika iya, berarti tandanya oli harus diganti.

Cara mengganti oli tanpa perlu ke bengkel

Untuk ganti oli mobil tanpa perlu ke bengkel, yang perlu anda lakukan adalah ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Membuang oli bekas, langkah ganti oli mobil yang pertama adalah anda harus membuang oli yang lama pada mobil anda, langkahnya yaitu:
  2. Angkat mobil anda, untuk memudahkannya anda bisa menggunakan dongkrak ataupun penyangga.
  3. Panaskan mobil anda sebentar, tujuannya adalah agar oli menjadi hangat. Cukup panaskan mobil anda 2 hingga 3 menit untuk membuat oli menjadi lebih encer dan agar cepat mengalir.
  4. Buka penutup oli, buka kap mesin dan buka penutup oli yang terdapat pada bagian atas mesin.
  5. Cari bak oli, pada bagian bawah mesin terdapat bak yang posisinya lebih dekat dengan mesin. Dan juga ada baut pada bagian dasarnya. Yang perlu anda lakukan adalah buka baut ini untuk membuang oli lama pada mobil anda.
  6. Buka baut penutup, gunakan kunci untuk membuka baut tersebut. Putar berlawanan dengan jarum jam. Setelah dibuka baut penutupnya, oli akan langsung mengalir.
  7. Tunggu beberapa saat hingga oli lama keluar semua dari lubang pembuangan. Setelah oli keluar, pasang kembali baut seperti semula.

Mengganti saringan oli, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Temukan posisi saringan oli, saringan oli ini biasanya berbentuk silinder seperti kaleng makanan, berwarna putih, biru ataupun hitam.
  2. Melepaskan saringan oli, pegang dengan kuat dan putar perlahan berlawanan dengan jarum jam. Gunakan sarung tangan atau lap, karena saringan oli ini licin karena oli.
  3. Siapkan saringan oli baru, ketika menyiapkan saringan oli yang baru anda bisa mengoleskan sedikit oli baru ke saringan oli yang baru tersebut. Tujuannya agar mobil bisa kembali mendapatkan tekanan oli yang cukup.
  4. Pasang saringan oli baru yang telah dilumasi.
  5. Tuangkan oli baru

Langkah selanjutnya untuk ganti oli mobil adalah menuangkan oli baru. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Tuangkan oli yang baru ke dalam lubang pengisian oli, tuangkan oli sesuai dengan kapasitas oli yang tersedia pada mobil.
  2. Pasang tutup lubang pengisian oli, periksa juga apakah ada peralatan untuk mengganti oli yang tertinggal di sekitar mesin.
  3. Nyalakan mesin mobil, pastikan lampu indikator oli mati saat mesin mobil menyala.
  4. Membuang oli bekas, langkah terakhir adalah membuang oli yang sudah tidak terpakai.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Tuangkan oli bekas pada wadah yang bisa ditutup, tuangkan oli bekas pada kaleng atau botol oli yang baru saja anda gunakan adalah ide bagus.
  2. Pastikan untuk mengeringkan saringan oli, saringan oli ini juga bisa dipakai kembali.
  3. Coba oli yang telah di daur ulang, oli juga bisa didaur ulang dan setara dengan oli yang baru. Harganya memang lebih murah. Anda bisa menggunakannya lain kali.

Itulah langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk ganti oli mobil tanpa harus pergi ke bengkel. Mudah dan pasti anda bisa melakukannya.

Leave a Reply