Ingin Buka Jasa Rental Mobil ? Ketahui 5 Tips Sukes Ini

Mobilkeren.id – Berkecimpung di dunia bisnis kuliner mungkin sudah biasa. Bagaimana kalau mencoba bisnis rental mobil? Bisnis yang satu ini bisa dibilang tidak ada matinya karena setiap orang pasti membutuhkan kendaraan untuk bepergian, terutama saat bepergian bersama keluarga, rekan kerja atau teman-teman.

Rental mobil menjadi bisnis yang menggiurkan mengingat keuntungan yang diperoleh dari bisnis ini sangatlah menjanjikan. Kalau bisnis rental mobil laris manis, modal yang dipakai untuk membeli mobil pun bisa kembali dalam waktu dekat. Sehingga pemilik bisnis dapat menikmati keuntungan berikutnya secara penuh atau bahkan membeli mobil baru lagi untuk memperbesar bisnis rental mobil miliknya.

Jasa Rental Mobil

Namun, berbisnis rental mobil tidaklah semudah apa yang kita lihat. Butuh usaha, kerja keras, dan pengorbanan yang lebih agar bisnis rental mobil dapat sukses sesuai yang diinginkan. Adapun tips yang diperlukan untuk membuka jasa rental mobil, antara lain:

  1. Menyiapkan Modal

Berbisnis rental mobil memerlukan modal yang tidak sedikit, soalnya harga satu unit mobil saja mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Apabila mobil yang Anda butuhkan sebanyak 10 unit, maka modal yang perlu dipersiapkan pun mencapai miliaran rupiah. Belum lagi ditambah varian mobil yang berbeda-beda, maka modalnya pun akan semakin besar.

Itulah kenapa membuka bisnis ini perlu dipertimbangkan dengan matang. Tanpa persiapan yang matang, modal yang telah dihabiskan untuk meniti bisnis bukan malah memberikan keuntungan, tetapi kerugian.

  1. Menentukan Mobil yang Akan Dirental

Tipe mobil itu ada banyak jenisnya. Mulai dari mobil sedan, SUV, semi-suv, dan masih banyak lagi. Tentukan mobil tipe mana yang akan Anda sewakan kepada konsumen. Berdasarkan pengamatan, mobil Avanza menjadi mobil yang paling banyak diminati. Selain memiliki kabin yang luas, mobil yang satu ini juga terkenal hemat bahan bakar sehingga biaya untuk bahan bakar pun tidak membengkak saat menempuh perjalanan jauh.

Selain tipe mobil, Anda juga harus menentukan apakah mobil yang hendak disewa adalah mobil baru atau bekas. Karena kedua mobil ini sangat mempengaruhi modal yang dibutuhkan dan akan dikeluarkan saat memulai bisnis rental mobil.

  1. Menyiapkan Garasi yang Luas

Mobil-mobil yang sudah dibeli tentu membutuhkan tempat penyimpanan yang luas. Semakin banyak jumlah unit mobil, semakin luas pula lahan yang dibutuhkan. Oleh sebab itu, Anda perlu menyiapkan bagasi yang luas untuk menampung mobil.

Beruntunglah jika Anda memiliki halaman atau pekarangan rumah yang luas, sehingga menyimpan mobil tersebut pun menjadi lebih mudah.

  1. Merekrut Supir yang Profesional

Konsumen yang pintar menyetir tentu tidak membutuhkan supir saat hendak bepergian jauh. Akan tetapi, tidak semua konsumen bisa menyetir. Beberapa konsumen membutuhkan bantuan supir untuk membawa mobil ke tempat yang dituju. Inilah kenapa penting untuk merekrut supir pribadi demi kelangsungan bisnis rental mobil.

Supir yang hendak direkrut sebaiknya mampu bekerja secara profesional. Artinya supir tersebut memiliki habit atau kebiasaan yang bagus, sehingga nantinya dapat melayani konsumen dengan baik. Selain itu, setiap supir juga harus sudah memiliki SIM dan pengalaman mengemudi agar bisnis rental mobil dapat berjalan lancar sesuai harapan.

  1. Menjalin Relasi dengan Baik

Sama seperti bisnis-bisnis lainnya, persaingan dalam bisnis rental mobil juga sangat ketat. Agar bsinsi dapat mencapai kesuksesan besar, Anda harus mampu membangun relasi yang baik dengan para konsumen. Anda bisa meminta bantuan tetangga, rekan kerja di kantor, atau sanak saudara untuk mempromosikan bisnis rental mobil Anda kepada kolega mereka masing-masing.

Perlakukan konsumen secara profesional dan layani dengan sepenuh hati agar mereka kembali menggunakan jasa rental mobil milikmu di kemudian hari. Kalau perlu, mintalah bantuan konsumen untuk mempromosikan bisnis rental mobil kepada teman-temannya agar bisnis rental mobil milikmu menjadi populer dan dikenal oleh banyak orang.

Menyiapkan modal yang besar saja tidak cukup untuk memulai bisnis rental mobil. Ada kalanya Anda juga membutuhkan jalinan atau relasi yang baik agar bisnis ini dapat berkembang secara pesat. Jangan andalkan kemampuan diri sendiri, tapi andalkan juga teman-teman dan sanak saudara Anda dalam berbisnis agar keuntungan jasa rental mobil yang didapat lebih optimal.

Leave a Reply