8 Tips Membuat Tarikan Mobil Menjadi Lebih Enteng

Mobilkeren.id – Tarikan mobil yang enteng menjadi dambaan semua pengendara mobil. Bagaimana tidak, mobil yang tarikannya enteng sangat enak untuk dikendarai. Agar tarikan mobilmu tetap enteng, lakukan perawatan rutin. Misalnya, membawa mobil ke “salon” bengkel kendaraan.

Membuat Tarikan Mobil Menjadi Lebih Enteng

Selain itu, ada beberapa tips lain agar tarikan mobilmu lebih enteng. Berikut tipsnya:

  1. Suplai Udara Dingin yang Banyak

Tingkat kepadatan udara dingin jauh lebih tinggi dibandingkan udara panas. Pada saat proses pembakaran, udara dingin ini akan ikut bercampur bersamaan dengan bensin. Semakin banyak udara dingin yang masuk, itu artinya proses pembakaran semakin sempurna dan lebih cepat. Inilah yang membuat tarikan mobilmu jauh lebih enteng. Tenaga mobil pun jauh lebih besar ketika gasnya diinjak.

  1. Mengganti Busi Secara Teratur

Busi merupakan sparepart mobil yang sangat kecil, namun fungsinya sangat banyak. Kalau salah satu busi lepas dari mobil, bisa-bisa mobil milikmu tidak jalan. Busi yang berkarat juga patut diwaspadai, karena hal ini akan membuat proses pembakaran bensin menjadi tidak sempurna.

Berkaratnya busi biasanya disebabkan karena bocornya bagian klep mobil. Kalau hal ini terjadi, Anda harus segera mengganti busi tersebut. Kalaupun klepnya tidak bocor, Anda juga harus mengganti busi setidaknya 1 kali setelah 3 kali mengganti oli mobil.

  1. Mengganti Knalpot

Penggantian knalpot haruslah knalpot yang lurus. Kenapa? Karena proses pembuangan pada knalpot lurus jauh lebih sempurna dibandingkan knalpot lainnya. Dimana keluarnya zat sisa pembuangan lebih lancar, knalpot juga terasa lebih longgar. Kalau sudah begini, tenaga mobil juga akan bertambah.

  1. Mengganti Ban Mobil

Ban mobil memiliki umur ekonomis. Nah, ketika gerigi di ban mobil sudah mulai habis, gantilah ban mobil tersebut dengan ban baru. Saat mengganti ban, jangan lupa perhatikan ukuran bannya. Sebaiknya pilihlah ban yang ukurannya jauh lebih kecil, punya alur yang lurus, velg yang berkualitas dan ringan.

Ingat, ban menjadi pusat kendali agar mobil kesayanganmu berjalan. Jadi, perhatikan betul-betul kondisi banmu setiap saat agar akselerasi mobil tetap sempurna.

  1. Gunakan Katalisator yang Punya Tekanan Tinggi

Katalisator adalah tempat untuk mengubah zat oksigen menjadi tenaga yang akan disuplai ke bagian mesin. Pada umumnya, katalisator bawaan mobil menggunakan katalisator bertekanan rendah. Oleh sebab itu, gantilah katalisator tersebut dengan katalisator bertekanan tinggi. Dengan demikian, tenaga mobil jauh lebih gahar, tarikan mobil juga jauh lebih enteng.

  1. Mencuci Filter Udara

Filter udara merupakan bagian yang gunanya untuk menyaring udara yang masuk ke bagian mesin. Kalau filter udaranya kotor, otomatis proses penyaringan akan tersumbat, udara yang masuk ke bagian mesin juga tidak bersih. Hal inilah yang memicu tarikan mobil menjadi lebih berat.

Untuk itu, cucilah filter mobil secara berkala. Apabila jarak tempuh mobil sudah mencapai 2500 km atau 5000 km, cuci filternya. Kalau filter mobil sudah berumur, sebaiknya ganti dengan filter udara yang baru. Sehingga debu yang masuk ke bagian mesin dapat disaring dengan sempurna oleh bagian filter, tarikan mobil pun terasa ringan.

  1. Mengganti Oli Secara Berkala

Oli berfungsi sebagai pelumas bagi mesin mobil, terutama saat mesin mobil panas. Penggunaan oli secara terus-menerus otomatis akan membuat oli tersebut kotor. Nah, pada saat oli sudah kotor, alangkah baiknya jika Anda mengganti oli lama dengan oli baru.

Proses penggantian oli bisa Anda lakukan setiap kali jarak tempuh mobil mencapai 5000 km. Adanya penggantian oli secara rutin terbukti dapat membuat tarikan mobil lebih enteng. Anda pun lebih nyaman mengendarai mobil, terutama saat perjalanan jauh.

  1. Gunakan Bahan Bakar Berkualitas

Bahan bakar berguna untuk menjalankan mesin. Tanpa adanya bahan bakar, mobilmu tidak akan bisa berjalan. Karena bahan bakar sangat penting, sebaiknya gunakan bahan bakar yang berkualitas. Misalnya, pertamax. Hanya saja, bahan bakar pertamax tidak diperuntukkan untuk semua jenis mobil. Yang paling penting, pengisian bahan bakar harus sesuai dengan bahan bakar bawaannya.

Ingin tarikan mobil lebih enteng? Lakukan 8 tips di atas. Jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi kendaraan secara berkala agar performa mobilmu tetap terjaga.

Artikel ini membahas:

  • cara supaya mobil bnyak tarikan

Leave a Reply