Mau Membeli Mobil Lewat Lelang ? Ini Keuntungan dan Kerugiannya

Mobilkeren.id – Senang rasanya bila berhasil mendapatkan mobil bekas dengan kualitas yang bagus dan harga yang murah. Mobil bekas sendiri biasanya dijual di showroom mobil. Namun, ada satu mekanisme jual beli mobil bekas yang kian semakin populer, yaitu melalui pelelangan.

Uniknya lagi, harga mobil yang dijual di pelelangan terkadang bisa dua kali lipat lebih murah dibandingkan harga mobil di sorum. Dengan demikian, Anda bisa menghemat pengeluaran dan menggunakannya untuk kepentingan lain. Meskipun membeli mobil di lelang terlihat menguntungkan, namun ada sejumlah kerugian yang harus ditanggung oleh pembeli. Berikut informasi mengenai untung rugi membeli mobil bekas lewat lelang:

Keuntungan Beli Mobil di Pelelangan

Keuntungan Beli Mobil di Pelelangan

  1. Harga yang Lebih Murah

Membeli mobil di pelelangan ibaratkan membeli sayur mayur di pasar tradisional. Dimana pembeli diperbolehkan untuk menawar harga semurah mungkin, lalu menaikkan harga tersebut hingga akhirnya terjadilah deal. Masyarakat yang ingin membeli mobil dengan harga terjangkau biasanya lebih suka mendatangi pasar lelang otomotif karena memang harga yang didapat jauh lebih murah.

Harga yang ditawar oleh pembeli yang satu bisa saja dikalahkan oleh pembeli lain yang menawar dengan harga yang lebih tinggi. Meskipun demikian, harga untuk satu unit mobil yang didapat tetap saja lebih murah di pelelangan. Kalau Anda berminat untuk membeli mobil bekas dengan harga murah, silahkan kunjungi pelelangan ya.

  1. Tipe Mobil Lebih Beragam

Selain harga yang lebih murah, tipe mobil yang dijual di pelelangan juga lebih beragam. Berbeda dengan membeli mobil bekas di dealer resmi, dimana mobil yang dijual hanyalah mobil dengan merek yang sama. Di pelelangan, calon pembeli bisa menilik mobil jenis yang satu dengan mobil jenis lain dan melakukan pembandingan dari segi harga dan spek untuk mendapatkan mobil yang sesuai dengan budget.

  1. Informasi yang Didapat Lengkap

Keuntungan membeli mobil bekas lewat lelang, dimana calon pembeli akan disuguhkan dengan informasi yang detail mengenai spek kendaraan yang diinginkan, sama seperti saat Anda hendak membeli mobil baru di showroom.Penjual akan dengan senang hati menjelaskan seluruh bagian mobil. Selain itu, penjual juga memperbolehkan calon pembeli untuk melihat kondisi mobil secara langsung dengan masuk ke bagian interiornya.

Kerugian Beli Mobil di Pelelangan

Kerugian Beli Mobil di Pelelangan

  1. Proses yang Cukup Panjang

Kerugian membeli mobil di pelelangan adalah proses yang cukup panjang. Ya, proses pengurusan berkas ini dan itu untuk masalah mobil yang dilelang membutuhkan waktu yang cukup lama, bisa sampai berhari-hari lamanya. Hal ini tentu saja tidak mengenakkan karena pembeli yang sudah sah harus menunggu beberapa lama terlebih dulu sebelum akhirnya mobil diantarkan ke depan rumah.

Selain proses yang cukup panjang, calon pembeli juga harus mengantri seharian selama proses lelang berlangsung. Sebab, calon pembeli yang memberi penawaran harga bukan cuma satu atau dua orang, melainkan ratusan atau bahkan ribuan orang banyaknya. Hal ini tentu saja akan menguras lebih banyak waktu dan tenaga.

  1. Tidak Bisa Test Drive

Test drive sangatlah penting untuk mengetahui performa dan kinerja mobil yang sebenarnya. Dengan test drive juga calon pembeli bisa tahu apakah mobil itu nyaman atau tidak. Sayangnya, test drive tidak berlaku untuk mobil bekas yang dijual lewat pelelangan. Sehingga calon pembeli tidak bisa menilai performa mobil yang sesungguhnya danhanya diperbolehkan untuk melihat desain interior saja dan mengecek seluruh komponen mobil, apakah sudah lengkap atau tidak.

Membeli mobil lewat pelelangan memang memiliki keuntungan dan kerugian. Sebelum membeli mobil bekas lewat lelang, pertimbangkan untung dan ruginya terlebih dahulu agar tidak menimbulkan penyesalan saat mobil sudah resmi di beli dan diantarkan ke rumah Anda.

Leave a Reply