Kenali Jenis-Jenis dan Fungsi Komponen Kaki-Kaki Mobil

Mobilkeren.id – Mobil adalah sahabat terbaik saat berkendara. Bagaimana tidak, mobil dapat dijadikan perisai pada segala kondisi cuaca. Mulai dari sinar matahari yang membakar kulit hingga hujan. Mobil juga menawarkan kenyamanan ekstra bagi si pengemudi dan penumpang. Apalagi kalau semua komponen di dalam mobil masih berfungsi dengan baik ya.

Agar mobil tetap menjadi sahabat terbaik, Anda perlu merawat mobil dengan baik. Salah satu contohnya yaitu dengan merawat kaki-kaki mobil. Komponen ini menjadi komponen yang perlu diservis secara rutin agar tetap awet dan tahan lama. Perjalananmu juga semakin menyenangkan karena kasus seperti mobil mogok di tengah jalan tidak akan menimpa dirimu.

Fungsi dan Komponen Kaki-Kaki Mobil

Agar Anda tahu cara merawat komponen kaki-kaki mobil dengan baik, yuk kenalan dulu sama jenis kaki-kaki mobil beserta fungsinya.

  1. Ban

Ban merupakan komponen kaki-kaki mobil yang sangat penting. Tanpa adanya ban, mobil Anda tidak akan bisa melaju. Agar mengemudi jadi lebih nyaman, sebaiknya perhatikan kedalaman kembng ban mobil Anda. Selain itu, pastikan ban mobil tidak botak agarperforma ban mobil tetap baik pada jalanan yang licin ataupun pada saat direm.

Fungsi dari ban mobil, antara lain:

  • Bagian yang paling penting untuk menahan bobot mobil secara keseluruhan
  • Mengatur kenyamanan pada saat berkendara, khususnya di daerah atau tempat yang berbatu-batu
  • Sebagai perantara yang menghubungkan mobil dengan permukaan jalan
  1. Suspensi

Suspensi juga tidak kalah pentingnya kalau dibandingkan dengan ban. Suspensi sendiri berfungsi sebagai penahan getaran saat mobil dibawa ke jalanan yang permukaannya tidak rata. Komponen ini terletak di antara roda dan kerangka mobil.

Suspensi mobil dibadi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Tipe rigid. Suspensi jenis ini tidak bergerak bebas. Pada jalanan yang tidak rata, getaran yang terjadi sangat terasa sehingga membuat perjalanan Anda kurang menyenangkan, khususnya untuk penumpang yang duduk di belakang
  • Tipe independent. Suspensi ini merupakan kebalikan dari suspensi tipe rigid. Dimana pergerakannya cukup bebas. Sehingga berkendara pun jauh lebih luwes dan nyaman

Fungsi suspensi mobil, antara lain:

  • Penahan getaran mobil saat berada di jala yang tidak rata
  • Menambah kenyamanan saat berkendara karena suspensi mampu meredam getaran saat di jalan
  1. Bearing Roda

Bearing roda merupakan komponen penting untuk menentukan kenyamanan juga keselamatan saat berkendara. Mobil yang tidak dilengkapi dengan bearing biasanya lebih cepat panas, bergetar, atau bahkan patah.

Sama seperti komponen lainnya, bearing juga rentan terhadap kerusakan. Adapun faktor yang menyebabkan bearing tidak awet, yaitu: faktor usia, kualitas, penggunaan, dan perawatan si pemilik mobil itu sendiri.

Fungsi bearing mobil, antara lain:

  • Bantalan pada roda mobil yang dipercaya dapat memperkecil gaya gesek yang terjadi pada sumbu putar ban
  1. Bushing

Bushing biasanya berbentuk karet yang terdapat pada ujung roda mobil. Komponen ini berwarna hitam berbahan karet yang biasanya dilingkarkan pada roda mobil Anda. Bushing merupakan komponen kaki mobil yang juga rentan pada kerusakan. Apalagi jika usia ban mobil sudah tua. Apabila Anda melihat bushing mobil sudah retak atau pecah, maka bushing tersebut perlu diganti agar berkendara jadi lebih nyaman.

Fungsi bushing mobil, antara lain:

  • Meredam getaran pada ban mobil
  • Sebagai penghubung antara ujung ban mobil dengan komponen logam lainnya yang terdapat pada ban
  • Menambah kenyamanan saat berkendara
  1. Ball Joint

Namanya saja “ball” artinya bola. Ya, bagian ini berbentuk melingkar menyerupai bentuk bola. Ball joint terletak di dudukan roda. Bagian ini cukup sensitif. Saat ban mobil menabrak benda keras, seperti batu, ada kemungkinan ball joint nya mengalami kerusakan. Kerusakannya dapat diketahui dari setir mobil. Apabila setir mobil sulit dikendalikan, berarti ball joint benar-benar rusak.

Fungsi ball joint mobil, antara lain:

  • Penghubung antara lengan ayun
  • Membantu suspensi untuk bergerak lebih gesit
  • Menahan roda mobil agar tetap pada posisinya (tidak lepas dari chassis)
  1. Tie Rod

Komponen kaki mobil terakhir adalah tie rod. Bentuk dari komponen kaki mobil ini kurang lebih menyerupai kelereng. Komponen ini perlu mendapat perhatian khusus. Apabila tie rod longgar, maka roda mobil tidak akan seimbang. Selain itu, terdengar bunyi-bunyi yang kurang sedap didengar dari bagian roda.

Fungsi tie rod mobil, antara lain:

  • Sebagai komponen yang menghubungkan setir
  • Sebagai pengikat roda mobil agar bergerak konstan. Tidak lari ke kanan maupun ke kiri

Itulah 6 jenis kaki-kaki mobil beserta fungsinya. Keenam bagian ini bukan menjadi komponen yang tabu karena memang sering Anda temukan pada mobil.

Artikel ini membahas:

  • jenis jenis kaki mobil

Leave a Reply