Penyebab Kampas Kopling Cepat Habis di Mobil Matic dan Cara Mengatasinya

Mobilkeren.id – Seiring berjalannya waktu, permintaan akan mobil matic mengalami peningkatan yang cukup pesat. Bagaimana tidak, mobil matic terkenal karena kepraktisannya, tidak seperti mobil manual yang lebih ribet. Akan tetapi, transmisi pada mobil matic lebih sering mengalami kendala dibandingkan mobil manual. Oleh sebab itu, Anda harus sering melakukan pengecekan agar tidak terjadi kerusakan yang malah merugikan pemiliknya.

Penyebab Kampas Kopling Cepat Habis

Salah satu masalah yang sering terjadi pada mobil matic adalah kompas kopling yang cepat habis. Bagian ini menjadi komponen yang sangat penting pada mesin mobil matic. Akan tetapi, kerusakannya tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Karena pada dasarnya masalah kampas kopling cepat habis ini menjadi salah satu kekurangan mobil matic. Sejak perilisannya, banyak orang yang sudah mengeluhkan hal ini.

Apa Saja Ciri-Ciri Kampas Kopling yang Mulai Menipis?

  • Putaran mesin mobil cenderung lebih tinggi. Pada kecepatan normal (60 km/jam) di gigi 3, rata-rata kecepatan mobil sebesar 2000 rpm. Akan tetapi, kecepatan ini akan berubah menjadi 2500 rpm atau bahkan 3000 rpm saat kampas koplingnya menipis
  • Timbulnya bau tidak sedap yang berasal dari mesin mobil itu sendiri
  • Akselerasi mobil melemah saat pemijakan pedal kopling
  • Sulit melakukan oper gigi yang akan mengakibatkan rusaknya kmponen lain pada mesin mobil matic
  • Adanya suara gesekan setiap kali menginjak pedal kopling
  • Pelepasan pedal kopling seringkali terasa lebih tinggi dan lebih berat pada saat mobil dijalankan dalam kecepatan normal

Apa Penyebab Utama Kompas Kopling Cepat Habis?

  1. Kopling Galak

Maksud dari kopling galak sendiri adalah memainkan kopling mobil sesuka hati. Kebiasaan menginjak pedal kopling secara tiba-tiba menyebabkan kopling mobil Anda cepat aus. Mengapa? Karena tekanan yang dihasilkan sangatlah besar saat menginjak kopling mobil secara mendadak.

Kopling galak ini banyak digunakan ketika si pengemudi ingin memajukan mobil. Namun, kebiasaan ini perlu dihindari mulai dari sekarang. Biaya perbaikan untuk kerusakan pedal kopling cukup mahal. Kalau Anda belum siap mengeluarkan uang untuk penggantian pedal kopling baru, sebaiknya hilangkan kebiasaan menggunakan kopling galak.

  1. Kopling Gantung

Banyak pengemudi yang seringkali tidak menyadari kalau kakinya ia letakkan tepat di atas pedal kopling. Sekilas hal ini memang tidak terlihat merugikan. Akan tetapi, kebiasaan meletakkan kaki di atas pedal kopling ternyata dapat membuat kepala kopling terkikis. Lama-kelamaan ketebalan kopling mobil akan berkurang dan terjadilah kerusakan.

Bagi Anda yang sering bepergian, biasakanlah untuk mengembalikan kaki ke posisi semula saat pedal kopling tidak digunakan. Artinya, hindari pemijakan saat kopling tidak digunakan. Nah,saat Anda ingin mengerem dan menambah kecepatan mobil, barulah boleh memijak pedal koplingnya. Cara ini sangat ampuh agar pedal kopling awet dan tahan lama. Anda juga tidak perlu sering-sering mengeluarkan uang untuk memperbaiki kopling yang rusak.

  1. Setengah Kopling

Pemijakan setengah kopling banyak digunakan terutama saat mobil di tanjakan. Dalam posisi seperti ini, Anda harus memijak kopling secara hati-hati. Jangan terlalu sering memijak pedal kopling, mengapa? Karena hal ini akan menyebabkan kampas kopling mobil matic Anda cepat habis.

Selain itu, hindari juga untuk meletakkan kaki di atas pedal kopling selama posisi tanjakan. Seperti yang disebutkan di atas, hal ini akan mengurangi ketebalan dari pedal kopling itu sendiri. Saat mobil sudah berada di jalanan normal, kembalikan kaki ke posisi semula dan lepaskan pijakan kopling.

Cara Mengatasi Kampas Kopling Cepat Habis?

Cara Mengatasi Kampas Kopling Cepat Habis

Cara paling ampuh untuk mengatasi kampas kopling cepat habis adalah dengan menggunakan tuas transmisi secara tepat. Pada saat mobil berhenti, tidak digunakan, atau terjebak macet berkepanjangan, kembalikan posisi tuas transmisi pada keadaan netral. Selain itu, pemijakan pedal kopling haruslah dilakukan secara lembut dan pelan. Bukan dengan cara kopling galak yang akan merusak pedal kopling beserta mesin mobil matic itu sendiri.

Itulah penyebab dan cara mengatasi kampas kopling mobil matic. Mulai dari sekarang, gunakanlah mobil maticmu secara hati-hati dan sayangilah mobil itu layaknya menyayangi diri sendiri. Lakukan perawatan rutin setiap bulan untuk menjaga performa dan peremajaan mesin-mesin mobil. Semoga bermanfaat!

Artikel ini membahas:

  • penggantian kampas kopling pada mobil matic

Leave a Reply