12+ Cara Merawat Mobil Tua Agar Tetap Awet dan Performa Prima

Mobilkeren.id – Saat ini perkembangan teknologi kian pesat, terutama dalam bidang komunikasi dan transportasi. Mobil merupakan sarana transportasi yang tak luput dari perkembangan teknologi. Adanya kebutuhan masyarakat yang kian mendesak dan menyukai hal-hal yang bersifat praktis dan instan membuat para produsen mobil berlomba-lomba menciptakan pembaruan dalam bidang transportasi. Tanpa adanya inovasi dan upaya penyesuaian diri dengan perkembangan zaman, maka para produsen mobil dapat kehilangan simpati dari para konsumen.

Para kalangan elit dan berduit tentunya akan sangat mudah untuk sekedar mengganti mobil lamanya dengan mobil keluaran versi terbaru dengan pembaruan dalam bidang teknologi pula. Meskipun demikian tetap saja ada kalangan yang tak tergiur dengan mobil keluaran terbaru berteknologi mutakhir tersebut dan justru berminat dengan mobil-mobil tua.

Mobil tua biasanya diminati karena nilai history, keunikan ataupun nilai estetika lainnya. Namun bukan berarti performa mobil tua tak dapat diandalkan. Dengan cara merawat mobil tua agar tetap awet yang akan dijelaskan dibawah ini akan membantu Anda menjaga performa mobil yang Anda miliki.

Cara Merawat Mobil Tua Agar Tetap Awet

Cara Merawat Mobil Tua Agar Tetap Awet

1# Pengecekan Secara Berkala

Pengecekan kendaraan secara berkala sangat penting dilakukan untuk memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik. Hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah bagian mesin mobil. Umur pakai mobil yang sudah lama membuat mesin mobil tua menjadi rentan bermasalah, misalnya saja rawan mogok. Oleh karena itu segera lakukan pengecekan dan bila perlu bawalah mobil ke bengkel apabila Anda merasa performa mobil menurun. Selain mesin mobil, perlu diperhatikan pula komponen-komponen mobil lainnya agar tidak mengganggu aktivitas Anda.

2# Perhatikan Oli Mesin

Penggunaan oli dan bahan bakar merupakan hal yang harus diperhatikan karena berkaitan langsung dengan kerja mesin mobil. Mobil tua memiliki kerentanan yang lebih tinggi terhadap kerusakan apabila dibandingkan dengan mobil keluaran terbaru. Salah satu cara untuk merawat mobil tua agar tetap awet adalah rutin mengganti oli terutama setiap mencapai 2500 km.

Baca juga : Tips, Ide dan Cara Modifikasi Mobil Tua Menjadi Lebih Keren

Asupan oli ekstra sangat dibutuhkan terutama bagi mobil tua berusia pakai lebih dari 10 tahun. Penggantian oli secara berkala akan membuat mesin mobil tua bekerja dengan lebih ringan karena tingkat emisi mesin yang dapat dikurangi. Sebaiknya gunakan oli dengan kekentalan SAE 10-40 W atau 15-40 W.

3# Perhatikan Bahan Bakar Mesin

Selain rutin mengganti oli, Anda juga harus menggunakan bahan bakar berkualitas agar mesin mobil terawat. Performa mesin mobil akan terjadi ketika bahan bakar yang digunakan memiliki kandungan yang bermutu. Bahan bakar yang Anda pilih sebaiknya adalah bahan bakar non subsidi seperti Pertamax. Isilah bahan bakar secara teratur jangan sampai mesin mengalami kehabisan bahan bakar untuk menghindari pengeroposan tangki bahan bakar.

4# Perhatikan Komponen Mobil

Selain kondisi mesin dan penggantian oli, hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah komponen mobil tua seperti kabel, ring dan karet penyangga. Pastikan kondisi kabel baik, artinya tidak getas atau mengelupas agar terhindar dari konsleting. Selanjutnya periksa pula kondisi ring, apabila sudah berkarat segera lakukan penggantian dengan yang baru. Begitu juga dengan karet-karet penyangga yang ada di pintu mobil. Karet penyangga yang sudah tak layak pakai, harus segera diganti agar Anda nyaman ketika berkendara.

5# Perhatikan Ban dan Velg

Komponen mobil yang perlu diperhatikan adalah ban dan velg. Ketebalan ban dan tekanan angin pada ban perlu dicek secara berkala paling tidak sebulan sekali. Ban yang sudah tipis akan membahayakan pengemudi, misalnya saja rentan bocor atau mudah tergelincir karena ban aus. Tekanan angin pada ban juga harus diatur agar nyaman saat digunakan. Selanjutnya velg pada mobil juga perlu segera diganti apabila kondisinya telah rusak dan berkarat sebagai upaya menjaga performa mobil tua semakin baik.

6# Periksa Radiator

Performa mobil bekas akan terjaga ketika Anda juga memperhatikan kondisi radiator. Radiator berfungsi untuk menjaga mesin agar tetap sejuk dalam kondisi mesin yang bekerja. Agar radiator dapat berfungsi secara optimal, perlu dilakukan penggantian air radiator. Dengan demikian mesin mobil terhindar dari overheat atau muncul asap bahkan mogok. Apabila diketahui radiator bocor, maka perlu diganti dengan yang baru.

7# Ganti Timing Belt

Timing belt berfungsi untuk meneruskan putaran roda gigi mobil yang terhubung dengan bagian dalam mesin. Pada umumnya, umur pakai timing belt ditentukan oleh jarak tempuh mobil. Apabila telah menempuh jarak 40.000 km, maka sebaiknya timing belt diganti dengan yang baru. Pencekan dapat dilakukan sebulan sekali bersamaan dengan pengecekan busi, filter, bahan bakar, dan oli mesin.

8# Periksa Filter Karburasi

Masalah yang awam timbul ketika saringan karburasi kotor dan berkerak adalah mesin mobil yang sulit untuk dihidupkan. Apabila hal ini terjadi maka Anda harus membersihkan saringan karburasi tersebut. Cara pembersihan pun cukup mudah, hanya dengan menggunakan sikat gigi untuk membersihkan kotoran yang menempel. Jangan sekali-kali Anda coba untuk membersihkan saringan karburasi dengan menggunakan hair dryer karena justru akan merusak karburasi mobil tua.

9# Jaga Kebersihan

Salah satu dari cara merawat mobil tua agar tetap awet adalah dengan menjaga kebersihan mobil tua. Performa mobil tua dapat ditingkatkan dengan cara menjaga kebersihan mobil, baik bagian eksterior maupun interior mobil. Sebaiknya bersihkan mobil secara berkala minimal seminggu sekali. Untuk bagian luar mobil, Anda dapat membersihkannya sendiri dengan cara mencuci mobil. Hindari penggunaan deterjen karena dapat merusak lapisan cat mobil. Oleh karena itu gunakanlah shampoo khusus yang diperuntukkan mencuci mobil.

10# Cat Ulang Mobil

Untuk mendapatkan penampilan yang lebih menarik, Anda dapat melakukan pengecatan ulang pada mobil tua Anda. Pengecatan ulang dapat menyamarkan penampilan mobil yang telah kusam apalagi telah banyak goresan. Dengan demikian penampilan eksterior mobil tua tetap dalam keadaan baik. Ketika Anda berada di luar ruangan, sebaiknya gunakan pula sarung mobil. Hal ini untuk melindungi mobil dari panas, getah pohon, kotoran burung, atau hal lain yang dapat merusak eksterior mobil.

11# Pakai Cover Jok

Untuk melindungi jok mobil Anda, gunakanlah cover jok pada mobil Anda. Cover jok akan melindungi jahitan jok agar tak mudah lepas dan mencegah menempelnya kotoran pada jok. Selain berfungsi sebagai alat pelindung jok mobil, cover jok juga akan memberikan kenyamanan saat Anda berkendara, hal tersebut dikarenakan cover akan menambah lapisan pada jok mobil. Sehingga jok mobil akan terasa lebih tebal dan nyaman saat digunakan.

12# Pastikan AC dalam kondisi Baik

Mobil yang memiliki umur pakai cukup lama sangat rentan terhadap kerusakan termasuk kerusakan pada bagian AC mobil. Kebocoran Ac merupakan hal serius yang perlu segera diatasi. Kebocoran ini ditandai dengan adanya tetesan air dengan jumlah berlebihan yang berasal dari bagian bawah dashboard sehingga kabin kendaraan Anda basah.

Penyebab utama kebocoran ini adalah tersumbatnya saluran buang AC. Untuk mengatasi hal ini Anda sebaiknya Anda segera mengganti Ac mobil Anda. Percayakanlah pekerjaan ini pada ahlinya agar hasilnya lebih optimal.

Pada dasarnya merawat mobil tua tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. Ketelatenan serta ketelitian menjadi kunci utama agar performa mobil tua tetap terjaga. Lakukan perawatan-perawatan yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Namun ketika ada permasalahan serius pada mobil kesayangan Anda, segera bawa mobil tersebut Anda kepada ahlinya di bengkel terdekat.

Demikianlah cara merawat mobil tua agar tetap awet yang dapat Anda praktekkan. Semoga bermanfaat dan cukup membantu.

Artikel ini membahas:

  • cara merawat kijang super

Leave a Reply