Cara Sederhana Menghilangkan Bau Tak Sedap Pada Mobil

Mobilkeren.id – Suasana di kabin mobil tidak selamanya sesuai dengan apa yang kita harapkan. Kabin yang kemarin baru saja dibersihkan dan beraroma segar kini berubah menjadi kabin yang sangat bau, membuat siapapun tidak betah berlama-lama di dalamnya.

Apakah bau tak sedap pernah melingkupi seluruh bagian kabin? Jangan khawatir, ada cara sederhana yang dipercaya dapat menghilangkan bau tak sedap pada mobil, diantaranya:

Cara Menghilangkan Bau Pada Mobil

  1. Membersihkan bagian yang menjadi sumber bau

Bau kabin yang menyengat tentu sangat menggangguindera penciuman yang acap kali membuat kira tidak konsentrasi selama di perjalanan. Daripada bau tak sedap berlama-lama singgah di kabin, sebaiknya temukan bagian yang menjadi sumber bau. Entah itu di bagian dashboard, karpet, bagasi, atau bagian lainnya di dalam kabin.

Setelah menemukan sumber bau, bersihkan bagian tersebut sampai bersih. Misalnya bagian karpet yang terkena kotoran, angkat karpet dan cuci hingga bersih. Berkendara tanpa karpet mobil memang kurang menyenangkan, tapi daripada kabin mobil terus-menerus bau, lebih baik karpetnya dilepas untuk sementara waktu kan?

  1. Membiarkan kaca jendela terbuka dalam beberapa saat

Jika bau menyengat berasal dari sisa-sisa makanan yang jatuh di dalam kabin, bersihkan sisa-sisa makanan tersebut, lalu buka kaca jendela selebar mungkin. Membuka kaca jendela sama dengan membiarkan udara bebas masuk secara leluasa ke dalam mobil, sehingga bau apek tadi akan hilang secara perlahan.

Membuka kaca mobil hanya disarankan jika kondisi jalan raya asri. Apabila yang terjadi sebaliknya dimana kondisi jalan raya sangat berdebu, kaca jendela mobil lebih baik ditutup. Anda bisa membiarkan kaca terbuka saat memarkirkan mobil di garasi atau pekarangan rumah.

  1. Menggantungkan pengharum ruangan di kabin

Hari gini gak pakai pengharum ruangan? Tidak mungkin lagi, apalagi pengharum kabin. Pengharum ini adalah sumber utama wewangian di dalam mobil. Meskipun Anda sudah memakai parfum banyak, namun pengharum kabin tetap menjadi pengharum andalan karena baunya lebih segar.Agar pengharum yang digantungkan di kabin menyebar ke seluruh bagian kabin, jangan lupa nyalakan ac mobil.

Baik pengharum yang bentuknya padat maupun cair, keduanya sama-sama ampuh untuk mengharumkan kabin kok. Pilih jenis pegharum yang paling sering Anda gunakan dan pastikan Anda menyukai baunya.

  1. Hilangkan bau dengan kulit jeruk

Aroma kulit jeruk bukan hanya bagus untuk mengusir nyamuk saja, tapi juga bagus untuk menghilangkan bau apek di seluruh bagian kabin mobil. Apalagi kulit jeruk memiliki bau yang khas dan segar. Ambil beberapa kulit jeruk, lalu taruh di bagian dashboard dan biarkan mengering. Jika warna kulit jeruk sudah berubah, Anda bisa menggantinya dengan kulit jeruk yang baru. Lakukan sampai bau apek hilang.

  1. Hilangkan bau dengan kopi

Kopi tak hanya enak diseduh dan disantap bersamaan dengan roti atau biskuit, tapi baunya juga enak dihirup. Jadi tidak heran kalau kopi banyak dijadikan sebagai salah satu bahan untuk aromatherapi dan menghilangkan bau. Namun kopi yang digunakan bukanlah biji kopi ya, melainkan bubuk kopi. Taruh bubuk kopi ke bagian yang menjadi sumber bau dan biarkan selama semalaman. Ketika Anda hendak bepergian, angkatlah bubuk kopi tersebut dan bersihkan sisa-sisa bubuk kopi menggunakan vacuum cleaner.

  1. Hilangkan bau dengan baking soda

Baking soda memiliki sifat yang sangat mudah menyerap segala jenis bebauan. Jadi tidak heran kalau baking soda banyak digunakan untuk menghilangkan bau. Sebarkan baking soda secara merata ke seluruh bagian yang bau, lalu biarkan selama beberapa menit. Setelah bau menghilang, bersihkan baking soda menggunakan vacuum cleaner agar kebersihan kabin mobil tetap terjaga.

7. Memutar ac mobil ke suhu paling tinggi

Apabila sisa-sisa bau apek masih tercium, sebaiknya nyalakan ac mobil lalu putar ke suhu paling tinggi agar suhu di dalam kabin tetap segar, bau pun perlahan-lahan akan menghilang.

Menghilangkan bau tak sedap pada mobil bukanlah hal yang sulit. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau pada mobil seperti yang sudah dijelaskan di atas. Mobil bau? Jangan ambil pusing, terapkan cara di atas!

Artikel ini membahas:

  • menghilang bau tidak sedap di mobil

Leave a Reply