Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Mobil Yang Cepat Panas

Mobilkeren.id – Bagi anda pemilik kendaraan, khususnya mobil apakah pernah mengalami mesin mobil yang cepat panas atau overheating. Keadaan ini harus diwaspadai, karena merupakan salah satu tanda mobil anda bukan dalam kondisi yang baik. Jika tidak ditangani segera, kemungkinan terburuk yang bisa terjadi pada mobil anda adalah kerusakan yang sangat parah dan bisa mengakibatkan kecelakaan. Penyebab mesin mobil panas ini ada berbagai macam penyebabnya dan berbagai macam pula cara mengatasinya.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas beberapa penyebab dari mesin mobil yang cepat panas atau overheating dan cara mengatasinya agar mesin mobil anda tidak mengalami kerusakan yang kian parah.

Cara Mengatsi Mesin Mobil Panas

Penyebab Mesin Mobil Menjadi Panas

Mesin mobil yang panas bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Umumnya mesin mobil yang cepat panas ini disebabkan oleh usia mobil yang sudah terlalu tua. Namun nyatanya ada berbagai faktor lainnya yang menjadi penyebab mesin mobil panas dengan cepat. Beberapa faktor tersebut adalah:

  1. Cairan Radiator

Salah satu penyebabnya adalah penggunaan cairan radiator yang tidak tepat. Jika menggunakan air sumur atau air biasa untuk mengisi radiator, bisa membuat radiator menjadi kotor. Karena banyaknya mineral dan unsur lainnya yang dapat menyebabkan kerak pada radiator. Sebaiknya, memang menggunakan air radiator khusus atau coolant untuk mengisi radiator mobil anda. Tetapi jika anda tetap ingin menggunakan air biasa, setidaknya anda harus rutin ganti air radiator mobil anda.

Namun jika anda terbiasa menggunakan air biasa dan ingin beralih menggunakan coolant, sebaiknya bersihkan dulu radiator anda. Karena kerak radiator akan larut dengan coolant dan bisa mengakibatkan radiator tidak berfungsi secara maksimal.

  1. Radiator dan Selang

Penyebab mesin mobil panas dengan cepat adalah ketika terjadi kondisi dimana radiator yang bocor. Jadi yang harus anda lakukan adalah memastikan kondisi radiator dan selang dalam kondisi yang baik dan tidak tersumbat. Jika radiator mobil anda mengalami kerusakan atau ada keanehan yang membuat mesin mobil menjadi cepat panas, sebaiknya anda membawa mobil anda ke bengkel. Jika kerusakannya sudah parah, sebaiknya anda melakukan pergantian radiator untuk mencegah mesin mobil anda cepat panas kembali.

  1. Kualitas Oli yang Anda Gunakan

Kualitas oli menjadi salah satu penyebab mesin menjadi cepat panas. Oli yang memiliki kualitas rendah akan membuat mesin mobil anda menjadi cepat panas, karena oli tersebut tidak berfungsi dengan maksimal untuk menahan panas yang berlebih pada mesin. Untuk itulah, sebaiknya anda memang menggunakan oli dengan kualitas yang baik dan sesuai dengan spesifikasi mesin mobil anda. Dan anda juga harus secara teratur memeriksa dan mengganti oli yang anda gunakan.

  1. Sirkulasi Air Radiator yang Kurang Lancar

Penyebabnya sekali lagi adalah penggunaan air untuk radiator yang kurang tepat. Sehingga menngakibatkan karat dan menumpuknya kotoran pada radiator. Kotoran dan karat inilah yang menjadi sirkulasi air menjadi tidak lancar. Anda harus memeriksa radiator secara teratur. Jangan lupa untuk mengganti air radiator. Dan kalau perlu gunakan cairan anti karat. Namun jika kondisi karatnya sudah parah, anda bisa mengganti kisi kisi radiator mobil anda.

  1. Thermostat yang Rusak

Thermostat merupakan alat untuk mengukur suhu yang terdapat dalam mesin mobil. Jika thermostat rusak, tentunya pengukuran suhu pada mobil anda juga tidak tepat. Yang harus anda lakukan adalah melakukan pengecekan secara berkala pada thermostat mobil anda.

  1. Kipas Radiator yang Bermasalah

Penyebab lainnya adalah kondisi kipas radiator yang tidak bekerja dengan selayaknya. Kipas radiator yang tidak berjalan dengan normal akan membuat sensor switching tidak bisa membaca tindakan. Misalnya seharusnya sensor switching harusnya menerima sensor dan menyalakan kipas pendingin. Karena kipasnya tidak berfungsi dengan baik, maka pendingin juga tidak akan berjalan normal. Untuk itu, harus diperiksa kipas dari debu dan kotoran yang menempel.

  1. Oktan BBM yang Kurang Sesuai

Penggunaan BBM dengan oktan yang tidak sesuai dengan mobil anda bisa membuat mesin mobil anda cepat panas. Anda harus menyesuaikan kadar oktan BBM yang memang sesuai dengan mobil anda.

Cara Mengatasi Mesin Mobil Cepat Panas atau Overheating

Jika kita sudah mengetahui faktor penyebab mesin mobil cepat panas, disini kami juga akan memberikan cara untuk anda agar mesin mobil anda tidak panas dengan cepat. cara ini bisa anda lakukan dengan perawatan dan pemeriksaan sistem pendingin pada mesin mobil. Tujuannya tentu untuk mencegah terjadinya temperatur mesin mobil yang tinggi atau overheating.

Berikut cara yang bisa anda lakukan sebagai antisipasi penyebab mesin mobil panas antara lain:

  1. Periksa kondisi radiator dan kebocoran pada sistem pendingin

Bagian radiator yang harus anda periksa adalah upper tank dan lower tank. Terutama pada upper tank atau bagian radiator yang paling atas, karena biasanya akan lebih dulu mengalami kerusakan karena menerima panas langsung dari mesin.

  1. Periksa juga kondisi tutup radiator

Tutup radiator terdapat karet-karet. Jika karet tersebut rusak atau mengeras bisa mengakibatkan air pendingin keluar dari radiator. Jadi anda harus memeriksa tutup radiator dengan menggunakan radiator cup tester.

  1. Gunakan radiator coolant

Penggunaan air biasa yang mengandung mineral dan logam lainnya akan membuat kerak dan akhirnya bisa menyumbat saluran radiator. Dan bisa menyebabkan overheating. Jadi sebaiknya anda memang menggunakan air khusus untuk radiator atau coolant.

  1. Periksa juga kondisi selang radiator dan klem selang radiator

Jika selang radiator anda sudah mengeras atau ketika ditekan sudah tidak lentur lagi, itu tandanya selang radiator anda perlu diganti. Kondisi selang yang seperti itu tidak akan bisa berfungsi dengan baik, jadi memang sebaiknya diganti dengan selang radiator baru.

  1. Periksa kecepatan angin kipas radiator dan kebersihan permukaan radiator

Kotoran berupa debu atau daun yang tersangkut pada kipas radiator bisa mengurangi kemampuan kemampuan untuk membuat panas radiator. Selain itu, bisa juga bisa menambah beban cooling fan. Selain kebersihan, cooling fan juga dipengaruhi kecepatan angin motor cooling fan atau kipas radiator dalam membuang panas radiator.

  1. Periksa oli

Selain untuk melumasi bagian-bagian mesin yang salin bergesekan, juga berfungsi untuk mendinginkan mesin. Jadi, penting untuk memeriksa dan memperhatikan jumlah oli mesin mobil anda agar jumlahnya cukup.

  1. Periksa kondisi v-belt yang memutar pompa air

Memeriksa kondisi v-belt ini fungsinya untuk mencegah v-belt putus karena v-belt yang sudah terlihat retak-retak ini akan rawan putus dan sebaiknya harus diganti dengan yang baru.

Itulah beberapa penyebab mesin mobil panas dengan cepat atau overheating. Setelah mengetahui beragam penyebabnya dan cara untuk mengatasinya, sebaiknya anda memang lebih merawat dan memeriksa kondisi mobil anda. Tujuannya agar kondisi mesin mobil anda tidak mengalami kerusakan yang lebih parah.

Leave a Reply