Cara Mencuci Mobil Sendiri yang Baik dan Benar di Rumah

Mobilkeren.id – Mobil yang kotor tidak enak di pandang, apalagi dikendarai. Debu dan polusi yang bertebaran di luar sana menjadi penyebab utama kotornya mobil. Debu-debu yang menempel di kaca, kabin, dan mesin mobil sangat mengganggu mata. Apabila tidak segera dibersihkan, maka debu itu akan menempel dan menumpuk menjadi kotoran yang sulit dibersihkan.

Mobil kotor memang sudah seharusnya agar segera di bersihkan. Untuk itu, Anda perlu beberapa tips mencuci mobil yang baik dan benar. Apalagi jika Anda berniat untuk membersihkan mobil pribadi dengan tangan sendiri. Berikut adalah 10 langkah mudah membersihkan mobil agar terlihat bersih mengkilap.

Cara Mencuci Mobil Sendiri di Rumah

Cara Mencuci Mobil

  1. Parkirkan Mobil di Tempat yang Aman dari Cahaya Matahari Langsung

Langkah pertama sebelum membersihkan mobil adalah mencari tempat parkir yang terbebas dari cahaya matahari langsung. Hal ini sangat perlu agar mobil yang baru saja dibasahi tidak terlalu cepat kering. Sehingga Anda tidak perlu membasahi mobil tersebut beberapa kali untuk membuatnya bersih kinclong.

Untuk menghindari cahaya matahari langsung, cucilah mobil Anda di tempat yang teduh. Misalnya, di teras rumah yang diberi atap. Bagi Anda yang tidak memiliki pekarangan luas, Anda bisa mencuci mobil di sore hari ketika cuaca tidak terlalu panas.

  1. Persiapkan Barang-Barang yang Dibutuhkan

Saat mencuci mobil, Anda memerlukan beberapa perlengkapan. Seperti: selang, ember, spons, sampo atau sabun cuci mobil, kain lap, keran air, dan lainnya. Pastikan semua alat yang Anda butuhkan tersedia. Jangan lupa untuk meletakkan semua alat tersebut di dekat mobil. Tujuannya agar Anda mudah meraihnya.

  1. Tuangkan Sabun Cuci Mobil ke Dalam Ember Berisi Air

Setelah semua alat-alat siap, sekarang Anda perlu menuangkan sabun cuci mobil ke dalam ember yang berisi air. Banyaknya cairan sabun yang dituangkan disesuaikan dengan banyaknya air. Pastikan air di dalam ember tidak terlalu banyak agar kotoran pada mobil cepat terangkat.

  1. Sambungkan Selang Pada Keran dan Semprotlah Mobil Anda

Setelah menyiapkan sabun cuci, nyalakan sambungkan selang pada keran dan nyalakan air. Lalu, arahkan selang tersebut untuk membasahi seluruh bagian mobil. Bagian pertama yang harus Anda semprotkan adalah kaca mobil. Setelah itu, barulah ke bagian ban mobil lalu badan mobil.

Satu lagi, hindari untuk menyalakan volume keran yang terlalu tinggi. Karena semrotan air yang terlalu keras dapat merusak cat mobil Anda. Untuk itu, putarlah keran dengan tekanan air yang standart untuk mengurangi kerusakan pada mobil kesayangan Anda.

  1. Basahi Spons dengan Air Sabun

Cara mencuci mobil selanjutnya, Anda perlu mengambil spons yang masih kering lalu mencelupkannya ke air sabun. Usapkan spons ke seluruh bagian mobil, terutama bagian ban. Karena ban merupakan bagian yang paling rentan terkena kotoran. Anda bisa menggunakan spons khusus, misalnya, spons untuk badan mobil dan ban mobil.

  1. Gosok Semua Bagian Mobil Secara Perlahan

Gosoklah semua bagian mobil secara perlahan sampai kotorannya benar-benar terangkat. Lakukan dengan gerakan memutar, dari bagian atas ke bawah dan seterusnya. Jangan menggosok mobil terlalu keras karena hal ini akan membuat mobil tergores. Pastikan kuku Anda tidak terlalu tajam. Apabila tidak sengaja mengenai badan mobil, maka goresannya akan sulit dihilangkan.

Artikel Terkait : Cara Menghilangkan Goresan Lecet Pada Bodi Mobil

  1. Bilas Semua Kotoran Sampai Bersih

Setelah menggosok semua bagian pada mobil, sekarang Anda dapat membilas mobil agar noda dan busa pada mobil terangkat. Semprotlah seluruh bagian dengan teliti, hingga bagian kolong ban sekalipun. Arahkan mata selang Anda ke bagian-bagian yang sulit dijangkau.

  1. Bersihkan Bagian yang Masih Memiliki Noda

Setelah dibilas, Anda pasti akan menemukan satu atau dua area yang debunya masih menempel. Untuk itu, Anda perlu membersihkan area yang masih memiliki noda. Gunakan spons dan lap semua kotoran hingga terangkat. Pastikan kotorannya benar-benar terangkat agar Anda tidak mencuci dan membilas mobil secara berkali-kali.

  1. Bilas Mobil untuk Kedua Kalinya

Kembali lagi untuk membilas mobil setelah membersihkan bagian yang masih memiliki noda. Bilas mobil dengan teliti. Pada tahap ini, Anda tidak perlu membilas seluruh bagian mobil. Namun, semprotlah hanya pada bagian yang memiliki noda tadi. Selain untuk menghemat air, Anda juga akan menghemat tenaga dan waktu karena tidak perlu melakukan pekerjaan yang sama untuk kedua kalinya.

  1. Keringkan Mobil dengan Handuk Bersih

Setelah semua bagian dibilas dengan bersih, kini saatnya Anda untuk mengeringkan mobil tersebut. Ambillah handuk kering yang masih bersih, lalu, lap seluruh area yang masih basah. Mengeringkan mobil juga harus hati-hati. Jangan sampai menekan permukaan mobil terlalu keras karena akan membuat bodi mobil penyok.

Untuk bagian ban, Anda tidak usah lap dengan handuk kering. Namun, biarkan bagian ban kering dengan sendirinya. Agar mobil terlihat kinclong seperti baru, Anda dapat menggunakan krim untuk mengkilatkan mobil. Dengan demikian, mobil bersih dengan sempurna.

Mobil kotor bukan lagi suatu masalah besar jika Anda sudah mengetahui bagaimana cara membersihkan / mencuci mobil dengan baik dan benar. Jika sewaktu-waktu mobil Anda dalam keadaan kotor, Anda dapat membersihkannya sendiri. Jadi, tidak perlu repot bawa ke tempat cuci mobil lagi ya.

Leave a Reply