Inidia Cara Memperbaiki Mobil Ringsek Bekas Kecelakaan

Mobilkeren.id – Mobil yang pernah mengalami kecelakaan pasti akan mengalami setidaknya satu atau dua kerusakan, terutama pada bagian bodi mobil. Hal ini tentu akan merusak penampilan mobil secara keseluruhan. Karena bodi mobil yang bagus secara otomatis akan membuat mobil terlihat elegan dan mewah.

Apabila suatu hari mobil kesayanganmu mengalami kecelakaan, tidak perlu cemas karena mobil tersebut masih bisa diperbaiki seperti keadaan sedia kala. Ada dua cara memperbaiki mobil yang mengalami kecelakaan, antara lain:

  1. Body Repair

Cara pertama yaitu dengan body repair. Metode perbaikan ini biasanya menggunakan ketok las agar bodi mobil dapat kembali seperti semula.

Keuntungan Body Repair

  • Hasil perbaikan akhir lebih bagus. Dimana mobil Anda tampak seperti baru
  • Perbaikan body repair dapat menyesuaikan dengan kerusakan yang terjadi pada mobil. Entah itu bodi mobil yang penyok, setengah penyok, maupun rusak parah
  • Dikerjakan langsung oleh teknisi yang sudah berpengalaman
  • Body repair hanya tersedia di bengkel-bengkel resmi, sehingga proses pengerjaannya lebih dipercaya
  • Untuk menjamin hasil body repair tahan lama, beberapa bengkel memberikan garansi. Jika suatu hari cat mobil terkelupas atau apapun itu, Anda dapat membawa kembali mobil tersebut ke bengkel resmi

Kelemahan Body Repair

  • Biaya untuk melakukan body repair cukup mahal. Oleh sebab itu, perbaikan mobil dengan body repair hanya diperuntukkan bagi mereka yang berkantong tebal
  • Waktu pengerjaan yang cukup lama. Anda harus sabar menunggu sampai mobil tersebut benar-benar bagus seperti baru
  1. Ketok Magic

Berbanding terbalik dengan body repair, metode perbaikan dengan ketok magic biasanya menggunakan ketok halus.

Keuntungan Ketok Magic

  • Biaya perbaikan dengan ketok magic jauh lebih murah dibandingkan body repair. Inilah kenapa body repair selalu menjadi pilihan bagi mereka yang mengalami krisis keuangan
  • Hasil perbaikan dari ketok magic tidak kalah bagusnya kalau dibandingkan dengan body repair

Kelemahan Ketok Magic

  • Jumlah bengkel yang membuka layanan ketok magic sangat terbatas. Hal ini disebabkan karena tenaga ahli untuk ketok magic sendiri sangat terbatas
  • Perlu kesabaran yang ekstra karena proses perbaikan memakan waktu yang cukup lama

Dua cara memperbaiki mobil di atas biasa Anda temui di bengkel khusus reparasi mobil. Kedua opsi di atas sangat cocok untuk tingkat kerusakan yang cukup parah. Apabila kerusakan mobil tidak terlalu parah, Anda dapat memperbaiki mobil yang mengalami kecelakaan di rumah.

Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan

Mobil bekas kecelakaan

  1. Menyiapkan Semua Perlengkapan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan yaitu menyiapkan semua perlengkapan yang dibutuhkan. Seperti pendempul, hardener, dan alat-alat lainnya. Sebelum lanjut ke tahap berikutnya, pastikan mobil Anda dalam keadaan bersih agar proses pendempulan lebih mudah. Dempul juga lebih mudah mengeras ke bodi mobil.

  1. Mencampur Dempul dengan Hardener

Setelah mobil bersih, sekarang saatnya untuk mencapur dempul dengan hardener. Pencampuran hardener yang terlalu banyak akan menyebabkan dempul cepat mengeras. Oleh sebab itu, tuangkan hardener secukupnya.

Satu hal yang tidak kalah penting. Dempul yang sudah dicampur dengan hardener hanya dapat bertahan selama 25 menit saja. Setelah itu, dempul sama sekali tidak dapat digunakan lagi. Anda perlu meracik dempul yang baru apabila mobil belum seluruhnya didempul.

  1. Ratakan Pendempulan

Bodi mobil yang sudah didempul perlu diratakan agar hasilnya lebih bagus. Ratakan dempul ke seluruh permukaan bodi mobil dengan ketebalan yang sama. Setelah itu, tunggu beberapa menit sampai dempul tersebut benar-benar mengering.

  1. Mengamplas

Jika dempul sudah benar-benar mengering, saatnya untuk mengamplas mobil. Pengamplasan merupakan teknik penghalusan dempul agar hasilnya lebih maksimal. Amplas permukaan mobil secara berulang-ulang sampai bodi mobil terlihat halus dan licin.

Separah apapun kerusakan mobil akibat kecelakaan, Anda tetap masih bisa mengembalikan mobil tersebut seperti semula kok. Cukup dengan cara memperbaiki mobil yang kecelakaan di atas, dapat dipastikan mobilmu akan terlihat seperti sedia kala. Namun, Anda perlu mempersiapkan dompet yang tebal ya karena biaya untuk memperbaiki mobil cukup mahal. Apalagi kalau Anda memilih metode perbaikan dengan body repair. Semoga bermanfaat!

Artikel ini membahas:

  • biaya perbaikan mobil tabrakan
  • memperbaiki mobil ringsek
  • mobil baru bekas tabrakan di baiki dimana

Leave a Reply