Penyebab dan Cara Melakukan Jumper Aki Mobil Soak

Mobilkeren.id – Di zaman yang modern saat ini, mobil merupakan sebuah alat transportasi yang tidak asing lagi bagi setiap orang. Armada transportasi jenis ini banyak digunakan oleh banyak orang untuk kendaraan mereka dalam melakukan berbagai aktifitas harian. Mobil termasuk sebuah alat transportasi yang sangat nyaman untuk digunakan. Alasan dari pendapat tersebut adalah sebuah mobil ini dilengkapi dengan penutup atau atap layaknya yang berfungsi untuk melindungi penumpangnya dari panas dan hujan.

Selain itu, mobil juga dilengkapi dengan empat roda, sehingga lebih enak dalam menjalankannya. Di dalam sebuah mobil ini pastilah terdapat benda yang bernama aki. Aki memiliki peran yang sangat penting yaitu untuk menghidupkan mesin mobil. Akan tetapi terkadang aki tersebut rusak. Salah satu cara yang dapat dilakukan jika hal tersebut terjadi adalah dengan jumper aki mobil.

Cara Jumper Aki Mobil Soak

Penyebab Aki Mobil Rusak

Aki merupakan salah satu komponen yang penting dalam sebuah kendaraan roda empat. Komponen bernama aki ini memiliki fungsi yang amat penting. Komponen dalam mobil yang satu ini berguna untuk menyimpan energi listrik. Energi listrik yang tersimpan dalam sebuah aki ini digunakan oleh para pengguna kendaraan roda empat untuk menghidupkan mesin. Selain itu, sebuah aki ini juga digunakan untuk menyalakan lampu utama, lampu sein, lampu hazard, klakson dan berbagai fungsi lainnya.

Akan tetapi, terkadang sebuah aki mobil ini tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Misalnya saja aki tersebut sudah tidak dapat digunakan untuk menstater mesin mobil. Tentu saja hal ini merupakan masalah yang besar bagi pemilik mobil. Aki mobil yang rusak ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Berikut ini penyebab aki mobil rusak yang perlu diketahui.

  1. Penambahan aksesories dalam sebuah mobil

Aksesories mobil merupakan sebuah pernik – pernik tambahan yang diberikan pada sebuah mobil. Penambahan aksesories dalam kendaraan roda empat ini bertujuan agar tampilan mobil semakin menarik. Selain itu, pernak-pernik ini juga berguna untuk memperlengkap fasilitas kendaraan modern ini. Contoh dari sebuah aksesories mobil yaitu lampu led kedip, televisi mini, tempat charger hp dan lain sebagainya. Pernak – pernik ini menggunakan daya yang ada dalam aki mobil. Hal ini dapat menjadi pemicu sebuah aki mobil cepat rusak atau sering dikenal dengan nama soak. Oleh karena itu, sebelum menambah aksesories ini perlu mempertimbangkannya terlebih dahulu.

  1. Mobil sering digunakan

Penyebab aki mobil cepat rusak berikutnya adalah intensitas pemakaian yang terlalu sering. Sebenarnya, sebuah aki ini memiliki kemampuan untuk menyimpan energi listrik saat mobil digunakan. Benda yang satu ini mampu mencharger lagi saat mesin mobil menyala. Akan tetapi, penggunaan mobil yang terlalu sering ini juga menyebabkan kemampuan sel menyimpan energi listrik dalam sebuah aki menjadi cepat rusak. Dengan rusaknya sel ini, maka aki mobil menjadi rusak dan tidak dapat dipergunakan.

  1. Arus listrik atau ampere aki yang kekecilan

Dalam sebuah mobil, aki adalah komponen yang amat penting. Setiap kendaraan roda empat pasti memerlukan benda ini untuk membantu menyalakan mesin mobil dan berbagai hal lain yang memerlukan energi listrik. Maka dari itu, dalam setiap mobil terdapat ukuran ampere aki yang berbeda – beda. Gunakanlah ukuran ampere dari aki yang sesuai dengan kebutuhan mobil tersebut. Hal ini bertujuan agar aki tidak cepat rusak.

  1. Mobil jarang dikendarai

Sebuah mobil yang jarang dipakai oleh pemiliknya dapat menyebabkan aki dalam kendaraan tersebut cepat rusak atau soak. Sebuah aki merupakan benda yang mampu menyimpan energi listrik. Apabila sebuah mobil jarang dipergunakan, energi listrik dalam aki ini akan hilang secara sendirinya. Selain itu, mobil yang jarang dinyalakan mesinnya dapat menyebabkan sel – sel dalam aki tidak dapat mengisi energi listrik, sehingga menyebabkan komponen dalam sebuah aki menjadi rusak dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

  1. Usia pakai aki yang telah habis

Aki merupakan sebuah benda yang didalamnya terdapat sel – sel penyimpan energi listrik. Dalam penggunaannya, sel – sel aki ini memiliki usia pakai atau batas kemampuan dalam menyimpan energi listrik. Hal ini sering terjadi pada sebuah mobil yang usia akinya sudah cukup lama, sehingga sel dalam aki tersebut sudah terlalu tua atau telah rusak.

Cara Melakukan Jumper Aki Mobil Soak

Akibat masalah aki ini, terkadang sebuah mobil menjadi mogok. Tentu saja hal ini sangat tidak menyenangkan. Apalagi jika lokasi mogok dari kendaraan anda tersebut jauh dari bengkel. Hal ini menyebabkan anda harus menggunakan cara jumper aki mobil. Jumper aki mobil ini adalah sebuah teknik yang digunakan untuk menghidupkan sebuah mobil yang akinya rusak. Teknik dilakukan dengan cara menggunakan aki mobil lain.

Akan tetapi dalam melakukan sebuah jumper aki ini, anda harus mengetahui tata caranya terlebih dahulu. Hal ini sangat diperlukan agar aman dalam membantu menghidupkan mesin mobil dengan teknik tersebut. Berikut ini cara jumper aki mobil aman yang perlu anda ketahui.

  1. Pastikan penyebab mobil mogok

Sebuah mobil yang mogok bisa disebabkan oleh berbagai hal. Jika penyebabnya adalah masalah aki, maka cek terlebih dahulu aki pada mobil tersebut. Cara mengecek aki mobil ini dapat dilakukan dengan cara menyalakan lampu sein atau utama. Jika lampu menyala redup, dapat dipastikan jika aki rusak atau soak.

  1. Menyiapkan alat untuk jumper

Setelah anda memastikan bahwa mobil anda mogok karena akinya soak, maka langkah selanjutnya yaitu mempersiapkan berbagai peralatan untuk jumper aki pada mobil anda tersebut. Gunakanlah aki mobil lain untuk melakukan humper ini, siapkan juga kabel yang memiliki diameter 10 mm.

  1. Mendekatkan kedua mobil

Apabila semua peralatan tersedia, langkah berikutnya adalah mendekatkan mobil yang akan dijumper akinya. Tahapan ini perlu dilakukan agar mempermudah dalam melakukan teknik jumper yang tersebut. Hal ini juga dimaksudkan agar kabel yang digunakan untuk alat jumper bisa menjangkau mobil dengan aki yang masih bagus tersebut.

  1. Menyambungkan kutub – kutubnya dengan benar

Jika kedua mobil telah berada dalam posisi yang dekat, tahapan berikutnya menyambungkan kabel jumper tersebut pada kedua kutub aki mobil tersebut. Sebelum menyambungkannya, gunakanlah sarung tangan yang terbuat dari karet agar terhidar dari sengatan listrik yang ditimbulkan oleh aki. Hubungkanlah kedua kutub aki mobil tersebut secara benar. Pasangkan pada aki yang bagus kabel hitam untuk kutub negatif dan kabel merah untuk positif. Hubungkan kabel merah tersebut dengan kutub aki mobil yang rusak dan kabel hitam dengan blok mesin atau bodi mobil tersebut.

  1. Menghidupkan mesin mobil

Setelah semua kabel terhubung secara benar dan sempurna, langkah selanjutnya adalah menghidupkan mesin mobil yang aki soak tersebut. Sebelum menstater, diamkanlah dulu beberapa saat, sekitar 2 – 3 menitan. Setelah hal itu dilakukan, staterlah mobil yang akinya rusak tersebut. Jika belum hidup, cobalah beberapa kali sampai mesin mobil hidup.

Demikian cara jumper aki mobil yang baik dan benar. Dengan mengetahui teknik mencamper aki mobil ini, maka anda dapat membantu mobil teman yang mogok akibat aki rusak. Selain itu, pengetahuan tentang teknik jumper aki yang benar akan menghindar dari berbagai macam kerugian yang tidak diinginkan.

Leave a Reply