Ingin BBM Lebih Irit dan Hemat, Ikuti 8 Tips Berikut Ini!

Mobilkeren.id – Banyak pengendara mobil yang mencari cara untuk menghemat penggunaan bahan bakar kendaraan dengan tujuan untuk menghemat pengeluaran. Apalagi buat pengendara yang memakai bahan bakar tipe pertamax yang kita tahu memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan harga bahan bakar lainnya. Lantas, bagaimana cara agar BBM lebih irit? Lakukan tips di bawah ini.

cara agar BBM lebih irit

  1. Atur kecepatan berkendara sesuai yang ditentukan

Percaya atau tidak, berkendara melebihi kecepatan maksimum akan membuat bensin cepat habis. Oleh sebab itu, pertahankan laju kendaraan Anda agar tetap stabil saat mesin kendaraan distarter sampai mesin kendaraan diberhentikan agar penggunaan BBM tidak menurun drastis saat mobil dikendarai dengan kecepatan maksimum.

  1. Hindari pengereman secara mendadak

Apakah Anda termasuk pengendara yang suka mengerem kendaraan secara mendadak? Mulai dari sekarang, kebiasaan ini lebih baik dihindari agar pemakaian bensin tetap hemat. Pengereman mendadak akan menyebabkan bensin terbuang dengan sia-sia. Memang jumlah bensin yang terbuang tidak terlalu banyak, tapi kalau kebiasaan ini terus-menerus dilakukan, lumayan juga tuh jumlah bensin yang terbuang.

  1. Memastikan kalau tekanan udara pada ban cukup

Mobil yang memiliki tekanan ban yang cukup dapat melakukan penghematan bensin sampai 3%. Dan sebaliknya, jika tekanan ban mobil Anda kurang, jumlah bensin yang terbakar pun menjadi lebih banyak karena mesin mobil akan bekerja lebih maksimal untuk mendorong kinerja mesin. Sebelum bepergian kemana pun, pastikan tekanan udara mobil cukup. Kalau seandainya tekanan udara pada ban tidak cukup, Anda dapat mengisi angin lebih dulu sebelum membawa mobil untuk bepergian.

  1. Jangan gunakan ac mobil secara berlebihan

Selain karena tiga hal di atas, pemborosan bensin juga disebabkan karena intensitas penggunaan AC mobil yang terlalu tinggi. Anda boleh menyalakan AC mobil saat kondisi cuaca benar-benar panas, misalnya saat siang hari. Nah, saat matahari sudah terbenam, Anda bisa mematikan ac mobil dan membuka kaca mobil untuk mendapatkan udara segar. Dengan demikian, bensin yang ada di dalam tangki mobilmu pun tidak cepat habis.

  1. Biarkan kendaraan beristirahat sejenak saat perjalanan panjang

Bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan panjang, misalnya mudik, sebaiknya Anda membiarkan mesin kendaraan berhenti sejenak agar bensinnya tidak overheating atau terlalu panas. Sebab, berkendara saat mesin mobil overheating akan memakan jumlah bahan bakar yang lebih besar karena tekanan dari mesin semakin besar untuk menggerakkan komponen mobil yang lain. Setelah menempuh jarak tertentu, parkirkan atau istirahatkan mobil Anda terlebih dahulu supaya mesinnya juga ikut beristirahat. Setelah itu, Anda bisa kembali melanjutkan perjalanan.

  1. Matikan mobil Anda saat terjebak macet

Berkendara di tengah arus lalu lintas yang sangat padat alias macet secara tidak langsung akan meningkatkan jumlah bahan bakar yang digunakan oleh mobil. Oleh sebab itu, matikan mesin kendaraan saat kondisi jalan raya macet total agar bahan bakar tidak terbuang secara percuma. Tapi ingat, jangan karena ingin menghemat bahan bakar Anda jadi mematikan mesin kendaraan secara terus-menerus setiap kali lampu merah. Jangan ya, hal ini akan merepotkan Anda sendiri dan mengganggu kenyamanan pengendara lain pastinya.

  1. Kurangi intensitas penggunaan mobil

Pakailah mobil saat benar-benar dibutuhkan agar pemakaian bensin lebih hemat. Kalau semisal Anda ingin membeli sesuatu di supermarket yang hanya berjarak 1 km dari rumah, lebih baik gunakan kendaraan lain seperti sepeda motor daripada menggunakan mobil. Kalau tidak ada sepeda motor, Anda bisa jalan kaki atau naik ojek online yang kini sudah tersedia untuk memudahkan perjalanan.

  1. Merawat komponen mesin mobil secara berkala

Proses pembakaran di bagian mesin mobil akan berjalan sempurna jika mesin dalam keadaan baik, sehingga penggunaan bahan bakar pun jadi lebih optimal. Setiap tiga bulan sekali, bawalah kendaraan Anda untuk dimandikan dan dimanjakan di bengkel mobil terpercaya. Satu lagi yang tidak kalah pentingnya yaitu olesi mesin mobil Anda dengan pelumas terbaik agar mesin mobil awet, tahan lama, dan dapat bekerja dengan baik.

Leave a Reply