Beli Mobil Bekas Secara Tunai Atau Kredit? Lebih Untung Mana?

Mobilkeren.id – Bepergian dengan kendaraan pribadi tentu sangat menyenangkan. Namun, lebih menyenangkan lagi kalau kendaraan tersebut dapat menampung beberapa anggota keluarga. “Mobil” menjadi kendaraan pilihan para keluarga selama bepergian, terutama untuk yang jarak tempuhnya cukup jauh. Selain aman, bepergian dengan mobil tentu lebih nyaman berkat fasilitas pendukung yang ada di dalamnya.

Baik mobil bekas maupun mobil baru, keduanya sama-sama memberikan kenyamanan ekstra bagi setiap penumpang. Anda yang ingin beli mobil, namun terhalang karena budget, boleh membeli mobil bekas. Ada banyak mobil bekas yang kini dijual di situs jual-beli di Indonesia. Pertanyaannya, “beli mobil bekas tunai atau kredit?” Ketahui jawabannya di bawah ini!

Beli Mobil Bekas Secara Tunai Atau Kredit

Keuntungan Beli Mobil Bekas Secara Tunai

  1. Lebih Hemat

Seperti yang kita tahu, harga mobil bekas jauh lebih murah dibandingkan mobil baru. Anda yang memiliki budget Rp 60 juta saja sudah bisa mendapatkan mobil idaman. Untung, kan? Belum lagi ditambah diskon atau cashback yang diberikan oleh seller atau penjual mobil. Keuntungan yang Anda dapatkan tentu berlipat ganda.

  1. Tidak Perlu Membayar Cicilan

Dengan pembelian tunai, Anda tidak perlu stres lagi untuk memikirkan biaya cicilan yang harus dibayarkan setiap bulan. Karena semua pembayaran untuk mobil tersebut sudah dilakukan di awal. Hal ini tentu sangat menguntungkan, terutama saat Anda tidak mempunyai uang. Kondisi ini tentu berbanding terbalik dengan pembelian secara kredit. Dimana cicilan tetap harus dibayarkan meskipun keuangan Anda di bulan tersebut sedang menipis.

Kerugian Beli Mobil Bekas Secara Tunai

  1. Harus Menyiapkan Uang yang Banyak

Sebelum membeli mobil bekas, Anda perlu menyiapkan uang dalam jumlah yang cukup banyak untuk mendapatkan mobil idaman. Kebanyakan mobil bekas juga dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, bahkan ada yang mencapai ratusan juta rupiah. Apabila uang yang Anda miliki belum cukup, itu artinya Anda harus menabung lebih lama lagi untuk mendapatkan mobil bekas idaman.

  1. Mobil Tidak Mendapat Asuransi

Kerugian lain akibat membeli mobil bekas secara tunai adalah tidak tersedianya fasilitas asuransi seperti yang diberikan untuk mobil kredit. Asuransi diberikan sebagai bentuk jaminan kalau mobil yang dikredit oleh pembeli baik-baik saja sampai mobil tersebut lunas. Sedangkan untuk mobil baru, Anda harus mengajukan asuransi sendiri. Dimana premi yang Anda bayarkan setiap bulan nantinya akan digunakan untuk membayar semuakerusakan yang terjadi pada mobil bekas.

Keuntungan Beli Mobil Bekas Secara Kredit

  1. Budget yang Perlu Disiapkan Cukup Kecil

Poin ini menjadi bahan pertimbangan bagi banyak orang sebelum memutuskan untuk membeli mobil. Dengan sistem kredit, Anda tidak perlu menyiapkan uang dalam jumlah yang besar. Cukup dengan DP 30% saja, Anda sudah bisa membawa mobil idaman pulang ke rumah. Anda juga tidak perlu menabung sampai bertahun-tahun untuk mengumpulkan jumlah DP yang harus dibayarkan.

  1. Mendapatkan Fasilitas Asuransi

Setiap pembelian secara kredit juga berhak mendapatkan asuransi otomatis. Fasilitas asuransi biasanya sudah disediakan langsung, Anda cukup melanjutkan pembayarannya di bulan-bulan berikutnya. Lebih simple, kan?

  1. Persyaratan Kredit Sangatlah Mudah

Persyaratan untuk mengajukan kredit tidak lagi sesulit 10 tahun yang lalu. Kini, siapapun bisa mendapatkan kredit. Cukup dengan melengkapi syarat-syarat yang diberikan, Anda bisa menikmati fasilitas kredit yang jumlahnya bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Kerugian Beli Mobil Bekas Secara Kredit

  1. Terbebani Cicilan Bulanan

Dibalik keuntungan di atas, membeli mobil bekas secara kredit juga merugikan. Anda kerap kali dihantui bayang-bayang kredit bulanan yang membuat pikiran semakin kacau. Mau tidak mau, Anda harus tetap membayar kredit sebagaimana yang telah ditentukan. Bayangkan jika Anda tidak punya uang, mau bayar kredit pakai apa?

  1. Jumlah yang Dibayarkan Lebih Mahal

Beberapa dari Anda mungkin kurang menyadari poin yang satu ini. Sadar atau tidak, jumlah keseluruhan yang harus Anda bayarkan untuk membeli mobil bekas secara kredit jatuhnya jauh lebih mahal dibandingkan membeli secara tunai. Hal ini disebabkan karena adanya biaya bunga yang harus Anda bayarkan setiap bulan. Apabila Anda keberatan dengan adanya biaya bunga, lebih baik beli mobil bekas secara tunai saja ya!

Beli mobil bekas secara tunai ataupun kredit, keduanya sama-sama memiliki keuntungan dan kerugian. Intinya, sesuaikan dengan kondisi keuangan saat ini. Apabila jumlah uang yang dimiliki cukup, lebih baik beli mobil secara tunai. Sebaliknya, jika jumlah uang masih terbatas, lebih baik secara kredit. Tentukan pilihan terbaik ya!

Leave a Reply