Ciri-Ciri Busi Mobil Mulai Rusak dan Cara Menggantinya

Mobilkeren.id – Agar mobil dapat bergerak, butuh yang namanya busi. Busi merupakan komponen utama dalam sistem pengapian pada mobil. Gunanya untuk menghasilkan spark atau percikan api agar campuran udara dan bahan bakar dapat terbakar.

Karena fungsinya yang sangat penting pada sistem pengapian mobil, busi yang rusak dapat menyebabkan mobil mogok di tengah jalan. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Anda harus rutin mengecek apakah busi berfungsi atau tidak.

Adapun Ciri-Ciri Busi Rusak

cara-mengatasi-busi-mobil-rusak

  1. Mesin sulit dihidupkan

Salah satu ciri busi rusak yaitu mesin mobil sulit dihidupkan. Namun, kerusakan ini tidak melulu disebabkan oleh busi, terkadang bisa juga karena kerusakan pada komponen mobil yang lainnya. Tanda-tanda pasti busi rusak ketika mobil sulit dihidupkan di pagi hari. Apalagi jika mesin masih dalam keadaan baik di hari-hari sebelumnya.

Hal ini disebabkan karena kurangnya pengapian pada mesin mobil. Jika mesin mobil dingin, maka sistem pengapian kecil. Sebaliknya, jika mesin mobil kasar, maka sistem pengapian terlalu besar dan akan menghambat proses start saat mobil hendak dihidupkan.

  1. Warna busi berubah menjadi kecoklatan

Busi dapat dipastikan rusak apabila warnanya berubah menjadi kecoklatan. Hal ini disebabkan karena usia busi yang sudah terlalu tua sehingga perlu diganti dengan mesin baru. Apabila Anda tidak mengganti busi, maka mesin mobil akan sulit dhidupkan, sistem pengapian juga akan tergganggu.

Anda bisa membawa mobil ke bengkel otomotif untuk mengganti busi dan mengecek seluruh komponen yang ada pada mesin. Jika ternyata terjadi kerusakan pada salah satu komponen, Anda dapat segera memperbaikinya untuk mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah.

  1. Busi meleleh dan berkerak

Salah satu penyebab busi meleleh karena ada elektroda yang gosong. Hal ini disebabkan karena kompresor mengalami kebocoran, akibatnya bagian oli ikut terbakar saat mesin mulai dihidupkan. Selain itu, busi mobil juga akan berkerak, disebabkan karena sistem penyetelan bahan bakar yang tidak sesuai pada tempatnya. Akibatnya, sill klep pada mesin mengalami kebocoran dan oli akan merembes masuk ke bagian busi.

  1. Suara mesin sedikit aneh saat dihidupkan

Ciri-ciri selanjutnya adalah suara mesin mobil terdengar aneh. Suara aneh ini terjadi karena gesekan antara komponen pada mesin mobil yang menyebabkan kecepatan mobil semakin tinggi. Kalau sudah seperti ini, sistem kerja busi juga semakin cepat dan ketebalan busi jadi berkurang.

Faktor usia juga ikut mempengaruhi suara mesin mobil. Busi yang sudah tua biasanya memiliki performa yang sedikit lebih lambat dibandingkan busi baru. Sistem pengapiannya juga lebih kecil yang dapat memicu timbulnya suara aneh pada mesin.

  1. Ujung busi berubah menjadi hitam

Perubahan warna pada busi itu sudah biasa, apalagi jika warnanya berubah menjadi hitam. Perubahan warna ini terjadi karena efek pembakaran. Dimana sisa-sisa pembakaran (debu dan kotoran) yang harusnya dibersihkan malah dibiarkan menumpuk di ujung busi. Jika ini terus dibiarkan, yang ada busi menjadi rusak.

Oleh karena itu, Anda perlu membersihkan ujung busi secara rutin untuk mencegah menumpuknya debu dan kotoran. Jika Anda tidak tahu cara membersihkannya, bawalah mobil ke bengkel terdekat untuk mendapat penanganan ekstra.

Cara Mengganti Busi Mobil yang Rusak

Cara Mengganti Busi Mobil yang Rusak

  1. Pilihlah busi yang berkualitas

Busi mobil memiliki kualitas yang berbeda-beda. Bahkan ada busi yang abal-abal atau KW. Busi seperti inilah yang tidak boleh dibeli karena akan memicu kerusakan. Tidak hanya pada bagian busi, namun juga pada komponen lainnya.

Dalam hal ini, Anda juga harus memilih busi yang sesuai dengan jenis mobil. Apabila busi berkualitas, namun tidak sesuai dengan jenis mobil, yang ada busi malah tidak bisa dipasang. Hasilnya pun jadi sia-sia.

  1. Pastikan mesin dalam keadaan dingin

Proses mengganti busi cukup rumit, perlu kehati-hatian ekstra agar hasilnya juga bagus. Artinya, Anda tidak perlu terburu-buru saat memasang busi karena apapun yang dikerjakan dengan terburu-buru hasilnya pasti tidak baik, kan?

Saat mesin mobil masih panas, diamkan selama 15- 20 menitan sampai mesin mobil benar-benar dingin. Setelah itu, Anda bisa memasang busi. Apabila Anda memasang busi saat mobil dalam keadaan panas, yang ada ujung busi akan memuai dan patah. Sehingga busi sama sekali tidak bisa digunakan lagi.

Dengan 5 ciri-ciri di atas, Anda sudah tahu apakah busi masih berfungsi atau tidak. Apabila busi sudah rusak, segera ganti dengan busi baru agar performa mobil tetap terjaga seperti sedia kala.

Leave a Reply