Cara Melepas Stiker Tanpa Bekas Lem di Body dan Kaca Mobil

Mobilkeren.id – Berbagai cara dilakukan untuk mempercantik tampilan mobil. Tidak hanya modifikasi saja, tapi banyak diantara kita yang juga suka menambahkan berbagai macam stiker di mobil kesayangan. Baik stiker keanggotaan klub mobil maupun stiker berupa tulisan-tulisan yang menginspirasi.

Melepas stiker pada mobil pribadi terbilang cukup mudah. Hanya dibutuhkan sedikit kehati-hatian agar lem pada stiker tersebut tidak membekas pada mobil kesayanganmu. Untuk lebih jelasnya, inilah 7 cara ampuh melepas stiker mobil tanpa bekas.

Cara Melepas Stiker Tanpa Bekas Lem di Body dan Kaca Mobil

Cara Melepas Stiker Tanpa Bekas

  1. Menggunakan Hair Dryer

Cara pertama untuk melepaskan stiker mobil yaitu dengan menggunakan hair dryer atau pengering rambut. Panas yang dihasilkan dari pengering rambut dapat mencairkan lem pada stiker yang menempel di mobilmu. Aturlah suhu hair dryer pada suhu yang pas dan tidak terlalu panas. Apabila suhunya terlalu panas, yang ada lapisan cat pada mobilmu akan rusak dan mengelupas.

Arahkanlah pengering rambut pada seluruh stiker yang tertempel di mobil. Panaskan secara merata. Setelah beberapa detik, rabalah stiker tersebut apakah sudah lunak atau belum. Jika sudah lunak, cabutlah stiker tersebut secara perlahan-lahan. Jika belum, lakukan hingga lem perekat pada stiker melunak dan cair.

Jangan pernah mematikan hair dryer saat mencabut stiker pada mobil. Mengapa? Karena hair dryer tersebut masih dibutuhkan saat melepaskan stiker. Jadi, proses pelapasan stiker juga masih diikuti dengan hembusan panas dari hair dryer. Sehingga pelepasannya akan lebih mudah.

  1. Gunakan Minyak Kayu Putih atau Oli atau Bensin

Dibandingkan dengan oli dan bensin, penggunaan minyak kayu putih untuk melepaskan stiker mobil terbukti paling aman. Pertama-tama, basahilah stiker tersebut dengan minyak kayu putih. Bisa dengan diolesi menggunakan tangan, bisa pula disemprotkan.

Minyak kayu putih yang disemprotkan terbukti dapat menghilangkan daya rekat pada stiker. Jika stiker tersebut sudah lunak, segera cabut stiker tersebut. Namun, ingat, harus tetap berhati-hati agar tidak meninggalkan bekas. Jika ujung stiker susah dicabut, oleskan minyak kayu putih lebih banyak pada bagian yang susah dicabut.

  1. Menggunakan Lap Mikrofiber atau Kain

Lap mikrofiber sangat bagus digunakan pada stiker yang menempel pada cat mobil. Sebelum dilap, oleskan wax atau polish terlebih dahulu pada bagian mobil yang ditempeli stiker. Setelah itu, gunakan lap mikrofiber atau kain yang lembut untuk membersihkan bekas lem pada cat mobil.

Cairan wax bisa Anda beli di bengkel-bengkel mobil terdekat. Hampir semua mobil menjual cairan ini karena dianggap sangat penting untuk mobil itu sendiri. Apabila cat mobil sedikit belang dengan bagian lainnya, gunakan polish untuk menyamarkan warna belang tersebut. Sehingga warna cat mobil secara keseluruhan masih terlihat sama.

  1. Melepaskan Stiker dengan Asam Cuka

Daripada menggunakan bahan-bahan kimia, gunakanlah bahan-bahan alami untuk melepaskan stiker pada mobil. Salah satunya dengan mengoleskannya dengan asam cuka. Tuangkan asam cuka secukupnya, sesuai dengan lebar stiker yang tertempel. Setelah itu, tunggulah beberapa saat sampai stiker melunak. Lalu, cabut stiker tersebut secara perlahan-lahan.

Setelah stiker berhasil dilepaskan, ambillah kain yang lembut. Basahi kain tersebut dengan air, lalu lap permukaan bodi atau kaca mobil dengan kain tersebut. Anda juga bisa menyediakan kain kering untuk mengeringkan bodi dan kaca mobil.

  1. Melepaskan Stiker dengan WD – 40

Cairan WD – 40 merupakan cairan berbahan kimia yang dapat membersihkan stiker dengan sangat cepat. Cara pengerjaannya cukup mudah yaitu dengan menuangkan WD – 40 pada kai, lalu oleskan di seluruh permukaan stiker mobil. Tunggu beberapa saat, lalu lepaskan stiker dengan menggunakan kuku. Lakukan secara perlahan-lahan agar kuku Anda tidak melukai bodi mobil.

  1. Melepaskan Stiker dengan Kuku

Cara membersihkan stiker yang paling umum dilakukan yaitu dengan menggunakan kuku. Cara ini terbilang cukup mudah, hemat, dan cepat. Akan tetapi, perlu ekstra hati-hati. Jika kuku terlalu tajam, maka bodi mobil bisa tergores.

Tidak semua bahan stiker bisa dilepas dengan menggunakan kuku. Gunakanlah kuku untuk stiker yang terbuat dari bahan vynil. Untuk stiker yang tebal dengan lem perekat yang kuat, gunakan cara-cara sebelumnya yang lebih aman.

Itulah cara membersihkan stiker tanpa bekas. Lakukan salah satu dari cara di atas setiap kali Anda ingin melepas stiker mobil. Lakukan secara hati-hati agar mobil tidak tergores. Semoga bermanfaat!

Artikel ini membahas:

  • cara membuka stiker tanpa bekas
  • Cara menghilangkan spotlet di kaca
  • tips melepas skotlet yang menempel pada kaca mobil

Leave a Reply