5 Cara Membuka Pintu Mobil Yang Terkunci Dengan Alat Sederhana

Mobilkeren.id – Saat ini mobil merupakan kendaraan yang paling banyak dicari oleh masyarakat. Mobil memiliki berbagai kelebihan yang ditawarkan, seperti diantaranya dapat menampung penumpang lebih dari tiga, tempatnya yang nyaman, terlindungi dari panas dan hujan dan berbagai kelebihan lainnya. Mobil tersusun dari berbagai komponen yang sangat penting. Dan apabila salah satu komponen tersebut rusak atau hilang maka dapat berbahaya. Salah satunya adalah kunci mobil.

Kunci mobil memiliki fungsi yang berguna untuk menghidupkan mesin mobil dan sekaligus untuk membuka dan menutup pintu mobil. Karena begitu pentingnya fungsi kunci mobil, maka kunci tersebut harus selalu dijaga agar tidak hilang. Jika kunci mobil hilang, sedangkan pintu mobil dalam keadaan terkunci maka untuk membukanya pun akan mengalami kesusahan dan akibatnya memerlukan alat lain untuk membuka pintu mobil terkunci tersebut.

Penyebab Pintu Mobil Terkunci

Selain masalah kunci mobil, ternyata ada beberapa faktor lainnya yang juga mengakibatkan pintu mobil terkunci. Kalau masalah pintu mobil yang tidak bisa dibuka tersebut adalah karena kunci mobil hilang atau rusak, atau juga karena tertinggal dalam mobil maka asalkan kita memiliki kunci cadangan atau kunci duplikat maka kita dapat menggunakan kunci duplikat untuk membuka pintu mobil terkunci.

Adapun faktor yang mengakibatkan pintu mobil terkunci atau tidak dapat dibuka meskipun telah menggunakan kunci mobil adalah sebagai berikut :

  1. Adanya banyak kotoran yang telah menumpuk pada handle mobil

Faktor penyebab pintu mobil terkunci yang pertama adalah pada handle pintu mobil yang penuh dengan kotoran. Kotoran ini sering kali menyebabkan handle pintu menjadi seret. Apalagi jika kotoran tersebut terkontaminasi dengan udara maka dapat mengakibatkan handle pintu berkarat. Akibatnya pintu ketika telah tertutup menjadi sulit bahkan tidak mau membuka alias terkunci. Untuk menghindari hal seperti ini, sebaiknya para pemilik mobil untuk selalu membersihkan kotoran yang menempel pada handle pintu, dan sering – seringlah melumasinya.

  1. Motor penggerak berkarat sehingga sulit dibuka

Pintu mobil memang mudah sekali dalam hal menutup, namun masalah membuka itu yang terkadang sulit. Hal ini karena selain tenaga yang digunakan untuk membuka lebih besar dari pada menutup, terkadang ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, misalnya saja masalah motor penggerak. Motor penggerak mobil yang kurang perawatan ataupun karena usia pemakaian yang telah lama atau telah melampaui batas waktu pemakaian bisa tiba – tiba menjadi seret atau juga berkarat. Sehingga pintu mobil pun akan usah dibuka bahkan lebih fatal lagi dapat mengakibatkan pintu terkunci.

  1. Pintu terkena benturan yang sangat keras

Penyebab lain dari pintu tak mau membuka adalah pintu pernah terkena benturan yang cukup keras sehingga mengakibatkan banyak komponen pintu rusak atau mengalami perubahan posisi. Seperti handle pintu yang rusak dan gigi penggerak berubah posisinya. Tentu saja ini sangat berpengaruh bagi buka tutupnya pintu mobil tersebut, apalagi dalam membukanya.

Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci

Setelah kita ketahui mengenai faktor penyebab dari pintu mobil yang tidak bisa dibuka alias terkunci, baiklah sekarang mari bersama kita pelajari cara membuka pintu mobil terkunci. Hal ini sangat perlu diketahui bagi para pemilik mobil agar ketika mendapatkan masalah tersebut tidak panik namun segera mengambil tindakan.

Berikut adalah 5 cara jitu membuka pintu mobil terkunci yang wajib para pemilik mobil ketahui :

  1. Kawat Gantungan Baju

Membuka Mobil dengan Kawat Gantungan Baju

Bagi anda yang sedang bepergian dengan mobil. Atau mungkin ketika anda sedang meninggalkan barang – barang di dalam mobil dengan keadaan pintu terkunci pasti merasa aman dan nyaman. Namun bagaimana apabila anda yang akan keluar dari mobil tiba – tiba pintu tidak dapat terbuka atau anda yang berada di luar mobil dan berniat akan kembali mobil tetapi tidak bisa karena pintu mobil tertutup rapat tidak mau terbuka ?

Tenang, apabila anda mengalami hal tersebut segeralah ambil kawat gantungan baju untuk membuka pintu mobil terkunci tersebut. Caranya sangat mudah yaitu kawat gantungan baju dipotong kemudian diluruskan dan buatlah lekukan di bagian atasnya. Setelah itu masukan kawat di antara jendela dan sampai mengenai tuas pengait pembuka pintu, kemudian gerakkan pengait tersebut dan terakhir tuas kunci mobil tersebut anda angkat. Pintu mobil dapat terbuka kembali.

  1. Penggaris Besi

membuka mobil dengan Penggaris Besi

Cara yang kedua untuk membuka pintu mobil terkunci adalah dengan menggunakan penggaris yang berbahan besi. Caranya yaitu pertama, karet yang terdapat pada kaca mobil dilepas terlebih dahulu. Kemudian penggaris dimasukkan ke bagian dalam pintu. Dengan penggaris tersebut temukan dan tekan panel pintu kemudian tariklah dengan kencang dan sekuat mungkin sampai pintu terbuka.

  1. Membuka Mobil Dengan Tali Rafia atau Tali Sepatu

Membuka Mobil Terkunci Dengan Tali Rafia

Nah cara yang ketiga ini adalah dengan alat yang sangat sederhana yaitu tali rafia. Cara membuka pintu mobil terkunci dengan rafia adalah tali rafia yang panjang dibuat tali laso yang kencang dan kuat tepat di tengahnya. Kemudian dengan menggunakan obeng, tali rafia tersebut disisipkan masuk ke dalam pintu mobil bagian atas. Carilah pengaman pintu mobil dengan rafia, sampai tali simpul laso rafia tersebut tepat di pengaman pintu kemudian tarikalah sehingga pintu dapat terbuka.

  1. Dengan Handphone

membuka mobil dengan Dengan hp

Saat ini mobil telah banyak yang menggunakan remote control sebagai kunci mobil. Pemilik mobil juga harus mempunyai kunci duplikat. Jika pintu mobil terkunci dan kunci yang sedang dibawa hilang atau tertinggal di mobil, padahal sang pemilik sedang berada di luar mobil maka cara agar dapat membuka pintu mobil terkunci adalah dengan hp yang digunakan untuk menghubungi siapa saja yang ada di rumah kemudian disuruh mencari kunci kontak remote. Setelah orang rumah telah menemukannya maka tempelkan hp yang digunakan untuk menghubungi orang tersebut ke kaca mobil depan yang berdekatan dengan sopir kemudian suruhlah orang rumah untuk menekan tombol “ buka “ pada kunci mobil remote. Akhirnya pintu mobil pun dapat terbuka.

  1. Menggunakan Jasa Pembuat Kunci

Menggunakan jasa pembuat kunci

Pintu mobil yang tiba – tiba terkunci adalah sebuah hal yang menyebalkan. Apalagi jika kunci untuk membuka pintu kendaraan tersebut berada didalam mobil tersebut. Pastinya hal ini menyebabkan kebingungan pada diri anda. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membuka pintu mobil terkunci yaitu dengan menggunakan jasa pembuat atau duplikasi kunci. Hal dapat anda lakukan dengan cara memanggil pembuat kunci tersebut untuk datang kelokasi mobil anda berada. Sang pembuat kunci ini dipastikan akan dengan mudah membuat duplikat kunci mobil anda. Dengan adanya duplikat kunci pintu mobil tersebut, maka akan memudahkan anda dalam membuka pintu mobil yang terkunci akibat kunci tertinggal didalam kendaraan tersebut.

Demikianlah informasi mengenai cara membuka mobil yang terkunci dari dalam atau kunci yang hilang. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda.

Artikel ini membahas:

  • cara membuka pintu mobil yang terkunci
  • cara membuka pintu mobil dari dalam
  • cara membuka pintu mobil yg terkunci
  • cara buka mobil terkunci
  • cara buka pintu mobil dalam keadaan terkunci
  • cara membuka pintu ayla yang terkunci
  • tips cara membuka pintu mobil sedan yang terkunci dari dalam
  • cara membuka pintu mobil luxio yg terkunci
  • cara membuka pintu mobil saat kunci macet
  • cara membuka pintu mobil taft yg terkunci

Leave a Reply