Mana Yang Terbaik! Pilih Avanza, Ertiga, Xenia atau Mobilio?

Mobilkeren.id – Berbicara mengenai mobil, memang kendaraan ini merupakan salah satu kebutuhan yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat secara luas. Saat ini banyak sekali jenis mobil yang bisa anda temukan ketika berada di jalan raya. Mulai dari berbagai model, anda bisa melihat banyak model yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Kendati demikian, khususnya bagi penduduk Indonesia mobil berjenis multi purpose vehicle atau MPV memang menjadi pilihan tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Hal tersebut bisa dibuktikan banyaknya mobil-mobil keluarga jenis mpv ini yang bisa anda temukan di jalan raya. Salah satu mobil yang menjadi idola bahkan bisa disebut sebagai mobil sejuta umat ialah mobil Avanza.

Yuph, avanza merupakan salah satu jenis mobil yang bisa dikatakan sebagai mobil sejuta umat dan hal tersebut bisa dibuktikan banyaknya mobil ini atau anda akan dengan mudah melihat mobil ini ketika anda sedang berada di jalan raya. Bahkan di jalan pedesaan pun, anda akan mudah menemukan jenis atau model mobil ini. namun demikian, dewasa ini, mobil ini memang sekarang sudah mulai ada saingan.

Maka masyarakat Indonesia yang sekiranya ingin membeli mobil keluarga mempunyai banyak pilihan, tidak hanya Avanza saja. Sekarang ini, muncul beberapa mobil saingan avanza yang bisa jadi menjadi competitor bagi rajanya mobil keluarga Indonesia tersebut. Mobil tersebut ialah Xenia, Mobilio anda Ertiga. Mana yang terbaik? Simak penjelasannya sebagai berikut yang kami adaptasi dari portal autonetmagz.

Perbandingan Harga Mobil MPV terlaris di Indonesia

1. Honda Mobilio

New Honda Mobilio

Mari kita mulai dari facelift Mobil Honda Mobilio baru, dengan kenaikan harga Rp 4 juta sampai 4,5 juta untuk RS mulai Januari ini. Bedanya pada desain dashboard. Cermin samping, velg alloy, dan fitur baru seperti audio, penguncian pintu pengaman, double blower untuk tipe S. Dengan kenaikan harga tersebut, harga Honda Mobilio mulai dari Rp 180,5 juta hingga Rp 234,5 juta untuk Mobilio RS AT. Semua harga tersebut hanya berlaku untuk warna putih, untuk warna lain disamping warna putih, tambahkan tambahan Rp 1 juta.

2. Suzuki Ertiga

New Suzuki Ertiga

Mobil kedua yang juga mendapat facelift baru-baru ini dan versi baru tambahan adalah Suzuki Ertiga. Ertiga mendapat dua varian baru yang terdiri dari Ertiga Dreza dan Ertiga Dreza GS untuk bersaing melawan Avanza Veloz dan Mobilio RS, meski kami masih belum bisa memahami desain bagian depannya. Ertiga memiliki versi dasar yang paling mahal, dengan tipe GA dengan harga Rp 183 juta, dimana model basis kompetitornya dihargai lebih rendah.

Sepertinya Ertiga selalu memposisikan diri beberapa juta lebih mahal dari rival langsung mereka, lihat saja perbandingan antara Avanza G dengan Ertiga GL, atau Veloz 1.3 dengan Ertiga GX. Sedangkan untuk Ertiga Dreza GS, itu menjadi yang termahal di segmen ini, bahkan lebih mahal dibanding RS Mobilio.

3. Toyota Avanza

new toyota avanza

Toyota Avanza menjadi mobil pertama yang mendapat perubahan harga yang signifikan, seperti pada awal 2016 tidak ada perubahan harga seperti strategi serupa saat meluncurkan Toyota Yaris. Kenaikan harga yang signifikan antara facelift dibandingkan dengan pre-facelift sekitar Rp 10 juta, dengan perbaikan yang signifikan termasuk rem ABS, side impact beam, dan advance audio system.

Meski cukup banyak, dibandingkan kompetitornya, menjadi yang paling terjangkau untuk semua tipe, tercatat varian termurah seharga Rp 180,6 juta, hingga Rp 226,9 juta. Selain itu mobil ini juga memiliki pilihan varian yang paling banyak, dan sesuai dengan permintaan konsumen, meski kita masih belum bisa melihat sisi baik tampilan Avanza baru.

4. Daihatsu Xenia

new daihatsu xenia

Selain Toyota Avanza, ada juga kembaran dari mobil ini yakni Daihatsu Xenia yang bisa menjadi alternative bagi anda yang ingin membeli mobil untuk kebutuhan keluarga anda. mobil ini memang bisa dikatakan sebagai saudara kembar dari mobil Toyota Avanza. Mobil ini memang mempunyai kesamaan model, bentuk baik interior, maupun exterior. Namun demikian, mesin yang ditawarkan mobil ini jika dibandingkan dengan avanza memang mesin yang digunakan avanza sedikit lebih unggul jika dibandingkan dengan mobil Xenia.

5. Nissan Grand Livina

Nissan Grand Livina

Yang terakhir tapi tidak kalah pentingnya, Nissan Grand Livina adalah salah satu kontestan paling menarik dengan diskon besar untuk wilayah Jakarta. Pada awalnya mobil ini dibuat untuk bersaing dengan Kijang Innova dengan 1,8 liter, namun penjualan terbaik masih di 1,5 liter, yang memaksa mobil ini untuk bersaing di segmen LMPV yang ramai.

Meski harus bersaing dengan Avanza, mobil ini dibanderol dengan harga paling mahal, karena saat ini tidak ada Grand Livina yang harganya di bawah Rp 200 juta. Direkam, Nissan Grand Livina SV dibanderol dengan harga Rp 200,9 juta hingga Rp 257,8 juta untuk andalannya. Yang unik nya adalah varian X-Gear yang menurut kami merupakan andalannya, kini harganya lebih rendah dibanding varian HWS Autech.

Mana Yang terbaik?

Sebagai kendaraan favorit di Indonesia, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia tentunya akan nampak kemanapun kita pergi, namun banyak pelanggan masih belum tahu mana yang lebih baik, Avanza atau Xenia.

Tentu pembaca kita sadar bahwa Toyota Grand New Avanza sudah menerapkan ABS dan EBD di variannya, alasannya adalah karena alasan keamanan yang menjadi prioritas dan sebagai nilai untuk mobil ini. Bagaimana dengan New Daihatsu Xenia? Jika tidak ada ABS atau EBD, tapi di sektor lain, seperti dual airbag, side impact beam dan window jam protection masih tersedia di Xenia.

Satu hal yang dianggap sebagai inovasi di Toyota Grand New Avanza adalah headrest tambahan di jok baris kedua. Memang posisi ini sering digunakan oleh anak-anak, jadi dengan sabuk pengaman dan headrest pasti akan meningkatkan kenyamanan dan keamanan. Sayang sekali di New Daihatsu Xenia itu tidak dilengkapi dengan sandaran kepala, sedangkan sabuk pengaman tetap menjadi model dua titik, karena konfigurasi joknya masih seperti versi sebelumnya, namun tetap saja tidak menjadi masalah, karena kita jarang membawa banyak orang.

Berbeda dengan Grand New Avanza yang terlihat polos dan ringan tanpa ada paket eksterior, New Daihatsu Xenia hadir dengan beberapa paket eksterior, seperti ‘Deluxe’ dan ‘Sporty’. Paket ‘Deluxe’ bisa ditemukan di M dan X, di mana body kit lengkap terdiri dari bumper depan dan belakang, kisi krom, side skirt, daftar jendela krom, pelat krom hiasan, dan reflektor horisontal dan spoiler. Untuk paket ‘Sporty’, ia datang dengan body kit crossover styling dan detail tambahan seperti handle chrome dan fender ornament.

Jika berbicara mengenai mana yang terbaik, maka hal tersebut sebenarnya merupakan hal yang subjektif. Namun demikian, jika melihat perbandingan harga yang juga pertimbangan-pertimbangan yang lain maka Toyota Grand New Avanza bisa menjadi pilihan yang menarik.

Artikel ini membahas:

  • kelemahan avanza veloz
  • avanza vs ertiga vs mobilio
  • ertiga vs xenia
  • komparasi xenia avanza ertiga

Leave a Reply