Panduan dan Cara Menyetir Mobil Manual Bagi Pemula

Mobilkeren.id – Pada dasarnya mengendarai sebuah mobil adalah hal yang tidak diutamakan. Namun, di era yang serba canggih seperti sekarang, keterampilan khusus untuk membawa mobil itu diperlukan. Maka dari itu, semakin hari kursus menyetir mobil semakin banyak. Tempat kursusnya pun sudah tersedia hampir di seluruh wilayah yang ada di Indonesia, terutama daerah perkotaan.

Bagi Anda yang telah memiliki atau belum memiliki mobil, tak ada salahnya untuk belajar menyetir mobil. Skill menyetir mobil yang Anda miliki nantinya bisa Anda gunakan untuk mencari pundi-pundi rupiah. Anda bisa bekerja menjadi supir pribadi, supir taksi, apapun yang ada kaitannya dengan menyetir. Jika Anda telah berhasil mendapatkan pekerjaan dari skill ini, kelak Anda akan mampu membeli mobil. Toh harga mobil saat ini tidak semahal dulu. Harga satu unit untuk mobil sudah ada yang dibanderol di bawah Rp 100 jutaan.

Artikel Terkait : Mobil Murah di Bawah 100 Jutaan

Kebanyakan orang menganggap remeh perihal menyetir ini. Banyak yang mengira menyetir adalah hal yang mudah, tinggal menginjak gas dan mengendalikan setir kemudi. Anda dapat mengatakan hal ini jika Anda membawa mobil matic atau otomatis. Namun, Anda yang hendak menyetir mobil manual tentu harus mengikuti kursus lebih dulu.

Sebelum Anda mengambil kursus menyetir mobil, sebaiknya Anda mengenal dasar-sdasar menyetir lebih dulu. Ada tiga dasar yang perlu Anda ketahui, yaitu:

Gas kopling rem

  • Gas. Fungsi utamanya adalah untuk mempercepat dan memperlambat laju sebuah mobil
  • Kopling. Fungsinya untuk memindahkan gigi saat mobil melaju. Misalnya, jika Anda melewati tempat yang menanjak, Anda harus berpindah ke gigi 1. Jika sebelumnya Anda gigi 2, Anda harus menekan kopling dan mengubahnya ke gigi 1
  • Rem. Digunakan untuk menghentikan laju mobil

Jika Anda telah mengetahui dasar-dasar menyetir dengan baik, kini Anda sudah dapat melaju ke langkah selanjutnya. Berikut adalah 10 panduan dan tips jika Anda ingin menyetir mobil manual:

  1. Mengenal Semua Bagian Pedal

Saat mengendarai mobil manual, ada tiga jenis pedal yang harus Anda injak. Pedal sebelah kiri adalah pedal untuk kopling, pedal tengah untuk rem, dan pedal paling kanan sebagai pedal untuk gas. Ketiganya harus benar-benar Anda kuasai. Ingatlah posisi ketiga pedal ini saat Anda ingin mulai menyetir. Jangan sampai salah injak, karena hal ini akan membahayakan diri Anda dan orang yang ada di dalam mobil.

  1. Kuasai Kopling dengan Baik

Seperti yang telah dijelaskan, kopling berfungsi untuk mengatur gigi. Anda juga dapat menggunakan kopling untuk menghentikan putaran roda dan mesin yang masih terhubung. Bagi Anda yang ingin berganti kopling, jangan lupa untuk menginjak pedal kopling.

Apabila mesin mobil sudah hidup dan Anda ingin memutar mobil, jangan heran jika mobilnya tidak berputar. Itu disebabkan karena Anda belum menginjak pedal koplingnya. Jadi pastikan kalau Anda menginjak kopling dengan benar, baik untuk gigi 1, 2, 3, dan 4.

  1. Bawa Mobil di Jalanan Datar

Anda yang berstatus sebagai pemula, perlu berhati-hati saat ingin menyetir. Apalagi jika tangan dan kaki masih kaku. Ketika Anda mulai menyetir, pilihlah jalanan yang datar dan lurus untuk menghindari kejadian yang tak diinginkan. Jangan lupa untuk mengenakan sabuk pengaman sebagai syarat utama jika Anda ingin menyetir.

Ketika Anda sudah mahir di jalanan datar, Anda dapat meningkatkan level dengan menyetir mobil di jalan bebatuan. Setelah itu, barulah Anda dapat latihan menyetir di jalan raya. Lakukan step demi step dengan benar. Jangan langsung ingin menyetir di jalan raya padahal Anda masih pemula.

  1. Atur Posisi Duduk

Agar menyetir semakin nyaman, Anda juga perlu mengatur posisi duduk yang baik dan benar. Apakah Anda perlu mengatur posisi duduk sedikit ke belakang atau tidak. Posisi duduk ini akan memudahkan Anda untuk menginjak ketiga pedal pada mobil manual. Jadi, pastikan Anda mendapatkan posisi ternyaman saat menyetir.

  1. Gunakan Semua Pedal

Maksud dari poin ini bukan menginjak semua pedal mobil. Namun, Anda diarahkan untuk menginjak pedal setidaknya satu per satu sesuai kebutuhan. Saat Anda ingin menginjak pedal, Anda perlu berkonsentrasi penuh dan menghapal letak pedal tersebut. Anda juga harus tahu bagaimana jarak ayunan dari masing-masing pedal itu sendiri. Selanjutnya, Anda perlu berlatih untuk melepaskan pedal secara perlahan, terutama pedal kopling.

  1. Gigi Harus di Posisi Netral

Sebelum menyetir, Anda harus memastikan kalau gigi dalam posisi netral. Maksudnya tuas transmisi untuk mengatur gigi belum berpindah, entah itu ke gigi 1 atau 2. Bagi Anda yang ingin mengoperasikan mobil, pastikan Anda menginjak gigi dengan penuh. Jika Anda menginjaknya setengah-setengah, maka hasilnya tidak akan maksimal. Jangan lupa untuk berhati-hati saat ingin berpindah gigi.

  1. Mulai Hidupkan Mesin Mobil

Setelah mengamati posisi tuas transmisi, kini saatnya Anda mulai menghidupkan mesin mobil. Menghidupkan mobil termasuk mudah. Anda hanya perlu menekan tombol starter dan menginjak pedal kopling dengan penuh. Jika Anda melakukannya dengan benar, maka mesinnya akan hidup. Jangan pernah lepaskan pedal kopling jika mesin mobil belum menyala.

  1. Injak Kopling dengan Hati-Hati

Belajar mobil tidak seperti belajar naik sepeda. Anda perlu sangat berhati-hati ketika menyetirnya. Anda juga harus bisa berkonsentrasi penuh ketika menyetir, terlebih ketika ingin menginjak kopling. Ingat, sebelum berganti antara kopling 1 dengan kopling 2, pastikan Anda mengenal jarak ayunan dari ketiga pedal.

Saat menginjak kopling, berhati-hatilah. Lepaskan pedal kopling secara perlahan dan dengarkan bagaimana suara mesin mobilnya. Jika suara mesin mobil sudah mulai turun, barulah Anda dapat menginjak kopling lagi. Itupun masih tetap harus berhati-hati.

  1. Cara Menjalankan Mobil

Mobil manual akan dapat berjalan jika Anda mengendarainya dengan benar. Jika Anda menginjak pedal dan memegang setir kemudi dengan tidak benar, maka mobil tidak akan berjalan sesuai keinginan. Untuk itu, selalu seimbangkan antara bagian pedal dan setir kemudi. Jika Anda sedikit sulit untuk menyeimbangkan pedal, Anda dapat menginjak bagian pedal secara berulang-ulang. Lalu kombinasikan antara bagian pedal kopling dan rem.

Selain berfokus pada bagian pedal, Anda juga harus fokus untuk bagian rem tangan. Rem tangan ini sangat berfungsi ketika Anda ingin berhenti secara mendadak. Jika suatu ketika tarikan mobil tidak maksimal, Anda dapat menggunakan rem tangan untuk menghentikan mobil agar tidak tertabrak.

Sewaktu Anda ingin menjalankan mobil, kenali juga suara mesinnya. Jika suara mesinnya seperti mau mati, maka Anda perlu menahan pedal kopling lebih dalam hingga suara mesinnya kembali terdengar kencang. Perhatikan hal-hal kecil ini agar Anda cepat mahir menyetir mobil manual.

  1. Cara Menghentikan Mobil

Selain tahu cara menjalankan mobil, Anda juga harus tahu bagaimana cara menghentikan mobil. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menghimpit bagian kopling, lepas gas, dan pijaklah rem secara pelan agar mobil melaju lebih pelan. Setelah itu, aturlah posisi mobil sesuai dengan keinginan.

Satu hal yang perlu Anda ingat saat menghentikan mobil yaitu jangan menghimpit rem secara kencang dan tiba-tiba, Hal ini dapat berakibat fatal.

Bagi Anda yang ingin mahir menyetir mobil manual, sebaiknya Anda mengikuti tips di atas dengan benar. Selain itu, Anda harus memiliki kemauan dan tekad yang kuat agar dapat belajar menyetir dengan mudah.

Artikel ini membahas:

  • cara beajar mobil maunual pemula
  • cara belajar mobil manual
  • cara mengemudi mobil bagi pemula
  • cara menyetir mobil untuk pemula
  • Tips mengemudi pemula
  • cara menyetir mobil bagi pemula
  • belajar nyetir mobil manual untuk pemula
  • cara cepat bisa nyetir
  • belajar setir mobil manual bagi pemula
  • www cara menyetir mobil bagi pemula

Leave a Reply